Cara Mebersihkan Vacum Cleaner

Cara Mebersihkan Vacum Cleaner, vacum cleaner
Vacum Cleaner

Cara Mebersihkan Vacum Cleaner Mesin ini merupakan alat untuk penghisap debu, yang menggunakan pompa udara untuk menghisap debu dan kotoran dari benda atau bagian yang dibersihkan. Pada umunya, setiap rumah atau masjid dengan lantai berkarpet atau karpet masjid diseluruh dunia memiliki alat penghisap debu sebagai alat untuk membersihkan karpet.

Vacum cleaner banyak digunakan sebagai alat untuk membersihkan debu karena, mesin ini memang sangat membantu pekerjaan rumah atau pekerjaan takmir masjid untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada kartpet masjid atau yang lainya. Jadi anda tidak perlu bingung bagaimana caranya membersihkan debu yang ada di karpet dengan cepat.

Walaupun dilihat dari segi penggunaan itu mudah, tetapi dalam urusan merawat, alat ini supaya mesinya tidak mudah rusak merupakan suatu yang belum tentu anda tau. Jika anda ingin alat vacum cleaner awet, maka yang harus anda lakukan adalah membersihkan alat terebut setelah menggunakanya. Sebelum anda mengetahui tips membersihkan mesin penyedot debu, lebih baik anda mengetahu tentang bagian penting dari vacum cleaner.

A. Bagian – Bagian Vacum Cleaner dan Fungsinya

1. Kantong debu

Bagian ini adalah barang terpenting yang ada di vacum cleaner. Yang berfungsi sebagai penampung debu yang di sebot dari suatu barang. Jadi bayangkan saja, kalau tidak ada katong debu, apa yang kira – kira akan terjadi ? hhe,pasti debu itu keluar lagi dan akan percuma saja. Karena justru debunya tidak hilang malah kembali legi ke lantai atau karpet masjid.

Bentuk dari kantong debu pada umumnya memiliki kesamaan disetiap mesin vacum cleaner. Anda bisa cari di google. Mungkin juga ada yang berbeda, karena setiap merek alat vacum cleaner memiliki kriteria mesin sendiri – sendiri. Tapi memiliki fungsi yang sama.

2. Exhaust Port

Bagi anda yang belum tau bagian ini atau masih terdengar asing di telinga, lebih baik buka lagi buku panduan vacum cleaner. Sudah pasti di buku tersebut menjelaskan tentang Exhaust Port ini.

Dalam artikel ini, secara singkat bagian ini memiliki fungsi mengeluarkan udara dari vacum cleaner. Hal ini membuat tekanan udara turun, sehingga udara dan kotoran bisa terpisah di kantong debu.

3. Intake Port

Letak dari Intake Port ini berada di ujung vacum cleaner. Yang berguna untuk akses masuknya seluruh kotoran atau debu. Biasanya setiap pembelian vacum cleaner, di dalam kardus alat itu sudah ada beberapa ujung yang bisa di gonta – ganti sesuai dengan kebutuhan jenis barang yang akan dibersihkan.

Jenis ujung vacum cleaner tersebut seperti :

  • Ujung vacum cleaner yang dilengkapi dengan sikat, berguna untuk menyedot debu pada barang seperti karpet masjid, karpet rumah dan semua jenis karpet yang ada.
  • Ujung vacum cleaner yang dilengkapi dengan sikat debu,  bagian ini dilengkapi dengan adanya sikat di bagian ujung. Yang nantinya akan sangat berguna untuk membersihkan bagian laci, korden rumah, meja, kursi DLL.
  • Ujung vacum cleaner Crevice tool, sesuai dengan bentuk ujungya yang lancip. Barang ini digunakan untuk menyedot kotoran yang sulit dijangkau oleh tangan atauu kotoran yang berada di tempat yang sempit. Seperti bawah kulkas, bawah lemari kolong kamar tidur DLL.
  • Ujung vacum cleaner Upsholtery toll, barang ini cocok digunakan untuk membersihkan barang yang terbuat dari katun, kulit dan karet. Anda bisa menggunakanya untuk membersihkan barang anda pada kasur, sofa dan kursi atau meja.
  • Ujung vacum cleaner Bare floor brush, sangat cocok apabila digunakan untuk membersihkan kotoran yang berada dibagian lantai rumah atau masjid.

Bagian Intake port ini bentuknya berbeda beda karena memiliki fungsi dan tujuan yang tidak sama, bentuk menyesuaikan tingkat kesulitan tempat atau barang yang akan di bersihkan. Apabila anda dapat menggunakan atau memilih ujung penyedot debu dengan pas dan benar maka debu yang akan tersedot dengan baik.

Baca Juga : Manfaat Membersihkan Karpet Masjid

4. Motor Listrik

Bagian ini merupakan bagian terpenting dalam vacum cleaner. Pada bagian dalam vacum cleaner motor listrik berfungsi untuk mengerakkan kipas. Sehingga tekanan di dalam tabung menurun yang mengakibatkan debu dan kotoran tersedot. Apabila bagian ini mati, otomatis anda tidak dapat menggunakan alat ini untuk membersihkan ruangan atau masjid anda dari kotoran dan debu.

Jika anda sudah paham bagian – bagian penting yang ada di mesin vacum cleaner, maka anda akan lebih mudah untuk melakukan perawatan alat ini. Yuuk kita ulas tentang cara membersihkan mesin penyedot debu canggin ini.

B. Cara Mebersihkan Vacum Cleaner Dengan MUDAH

1. Bersihkan Pada Bagian Kantong Debu

WAJIB membersihkan kantong debu pada vacum cleaner setelah digunakan untuk menyedot kotoran dan debu. Kenapa kok WAJIB? Karena menghindari penumpukan kotoran dan tumbuhnya sarang penyakit yang di timbulkan pada kantong debu ini.

Tujuan lain, agar kantong debu tidak penuh atau kotoranya meluap. Bayangkan saja jika dalam penggunan vacum cleaner atau mesin penyedot debu anda membersihkan kantong debu selama 1 kali dalam seminggu. Sedangkan dalam seminggu anda menggunakan sebanyak 3 kali. Kira – kira luber tidak itu debu yang di tampung vacum cleaner? Dan yang akan terjadi adalah debu tidak tertampung dengan baik, karena tampungan debunya penuh.

Cara membersihkanya MUDAH kok. Anda tinggal ambil itu kantong dari vacum cleaner atau lepas, tumpahkan kantong debu tersebut dan ketok – ketok sampai debu dan kotoran keluar dari lubang.

Setelah itu, rendam katong debu vacum cleaner menggunakan air yang sudah dicampur dengan detergen atau pembersih pakain lainya, bilas dan keringkan di bawah terik sinar matarahari. Kalau sudah kering barulah kantong vacum cleaner di pasang kembali ke tempat semula.

2. Bersihkan Pada Bagian filter vacum cleaner

Sesuai dengan namanya filter ini berfungsi untuk menyaring kotoran atau debu, sebelum angin di keluarkan lagi. Jadi kotoran benar – benar tidak keluar dari kantong debu karena sudah ada filter.

Filter pada vacum cleaner biasanya ada 3 jenis yaitu, filter yang sekali pakai, yang bisa di cuci dan hepa. Jadi perawatan pada bagian filter ini, tergantung pada jenis filter apa yang ada di alat. Kalau sekali pakai berarti anda harus stok beberapa filter dan juga yang jenis bisa di cuci anda cukup mencucinya saja sama seperti kantong debu setelah pemakaian. Tak perlu untuk mengganti yang baru.

3. Bersihkan Pada Bagian Selang Mesin

Selang ini berfungsi sebagai penyalur debu dan kotoran agar terkumpul ke dalam kantong debu vacum cleaner. Jadi sebagai penghubung agar debu langsung masuk ke tampungan kotoran. Selang ternyata juga wajib untuk selalu dibersihkan. di dalam selang pasti terdapat celah kecil, yang nantinya akan mengakibatkan debu menempel saat proses penyedotan.

Oleh karena itu bersihkan selang masin di setiap selesai penggunaan. Agar tidak terjadi penumpukan kotoran atau debu pada selang, yang akan mengakibatkan penyumbatan atau penghambat jalanya debu ke kantong penampung.

Cara Mebersihkan Vacum Cleaner bagian selang dengan MUDAH, yaitu dengan cara

  1. Lepaskan selang tersebut dari mesin
  2. Siapkan air panas secukupnya
  3. Lalu tuangkan pada bagian dalam selang tersebut
  4. Lalu larutkan baking soda dan tuangkan ke dalam selang tersebut
  5. Dan yang terakhir tuangkan cuka
  6. Setelah itu bilas menggunakan air bersih
  7. Bersihkan Pada Bagian Sikat Kuas

Ingat, bagian sikat kuas vacum cleaner juga harus diperhatikan saat selesai membersihkan. Karena fungsi dari sikat kuas ini adalah sebagai filter untuk rambut manusia dan bulu hewan yang menempel pada karpet masjid atau rumah. Biasanya rambut sering dijumpai pad karpet masjid. Entah kenapa bisa, saya juga bingung padahal rata – rata orang yang berkunjung ke masjid menggunakan jilbab untuk penutup aurat. Entahlah, mungkin karena mereka jarang shamponan wkwkwk

Kembali ke pembahasan, lalu cara memberisihkan pada bagian ini adalah cukup dengan menggunting rambut yang ada di sikat kuas. INGAT jangan di tarik, karena dapat menyebabkan kerusakan pada sikat kuas. Rambut atau bulu yang menempel harus segera dibersihkan, agar tidak merusak mesin cavum cleaner.

4. Bersihkan Pada Bagian Tabung Vacum Cleaner

Di dalam tabung ada kantong debu. Jadi tabung ini berguna untuk melindungi kantong debu. Fungsinya agar cipratan debu yang tidak masuk ke kantong akan jatuh di tabung tersebut. Hal ini wajar terjadi, mengingat debu itu ukuranya sangat kecil.

Cara membersihkanya juga sama, anda tinggal lap saja menggunakan kain bersih atau bisa juga anda cuci dengan sabun cuci lalu keringkan dan pasang kembali. Mungkin hanya 4 Cara Mebersihkan Vacum Cleaner yang bisa anda praktekan di rumah atauu di masjid.

C. Kesimpulan

Cara Mebersihkan Vacum Cleaner dan rawatlah mesin tersebut dengan benar. Dengan cara membersihkan setiap kali pemakaian, agar tidak terjadi penumpukan debu atau kotoran. Bersihkan secara teliti pada bagian – bagian penting yang sudah di jelaskan di atas.

Mungkin itu saja yang dapat disampaikan dalam artikel kali ini tentang vacum cleaner. Apabila anda mempunyai tips jitu yang lain bisa anda kombinasikan dengan cara yang ada di artikel ini, agar menjadi lebih mantab. Atau jika anda mengalami kebingungan dengan cara meratnya ada bisa kunjungi website kami ALDDIN KARPEt. Kami juga menyediakan jasa membersihkan karpet masjid, yang akan dikerjakan denggan tenanga ahli yang sudah profesional di bidangnya.

INTAGRAM : https://www.instagram.com/karpetmasjidaladdin/

3 thoughts on “Cara Mebersihkan Vacum Cleaner

  1. Pingback: Membersihkan Vacuum Clener - Agen Karpet Masjid

  2. Pingback: Harga Karpet Hijau Masjid - Agen Karpet Masjid menjual karpet dengan harga ekonomis dan premium

  3. Pingback: Tips Menyimpan Karpet Masjid Yang Benar - Agen Karpet Masjid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *