Cara Memotong Karpet Masjid Dengan Mudah

karpet masjid, tips memotong karpet masjid
Memotong Karpet Masjid

Cara memotong karpet masjid – Apakah memotong karpet masjid semudah seperti memotong selembar kertas putih??? Jika anda memikirkan seperti itu berarti anda adalah orang yang sudah benar – benar ahli di bidang pemotongan karpet.

Tapi mungkinkah untuk orang yang belum pernah memotong karpet masjid dapat melakukan pemangkasan ini dengan baik? Bisa…. asal anda membaca artikel ini terlebih dahulu. Nanti akan saya jelaskan secara rinci dan step – stepnya soal memotong karpet dengan mudah tanpa harus mengluarkan tenaga yang terlalu bersar.

Tetapi sebelum masuk ke pembahasan inti, anda harus memahami jenis bahan dan ketebalan karpet dahulu. Sebab dengan melihat dan menganalisa terlibih dahulu anda akan lebih mudah di saat proses pemotongan karpet nantinya. Misal apabila karpet yang akan anda potong berukuran besar dan panjang, seperti karpet masjid. Maka anda memerlukan tambahan beberapa orang untuk membantu proses tersebut.

A. Jenis – Jenis Karpet

Banyak tipe – tipe karpet biasa atau karpet masjid mewah yang sering anda jumpai di setiap toko, rumah, warung dan masjid. Apakah jenis bahan yang digunukan di setiap karpet yang anda temui memiliki tekstur dan bentuk yang sama?

Berbeda kan, maka dari itu perbedaan tersebut biasanya terjadi pada jenis bahan dasar yang digunakan untuk membuat karpet. Oke, mari kita ulas bahan – bahan terkenal yang biasanya di gunakan untuk membuat karpet yang nantinya akan sangat penting untuk proses memotong karpet :

Baca Juga : Faktor Yang Menentukan Harga Karpet Masjid Berbeda – Beda

1. Karpet Berbahan Sutra

Biasanya orang menyebutnya dengan karpet sutra. Sutra merupakan serat alami yang di dapat dari ulat sutra yang sengaja diternakan. Yang nantinya akan serat sutra kepopong itu sendiri digunakan untuk bahan membuat karpet.

Oleh karena itu biasanya karpet yang bahan dasarnya dari benang sutra relatif mahal. Sebeb kualitas kenyamanan dan kelembutanya saat terjamin.

3. Karpet Berbahan Wol

Karpet wol merupakan bahan yang halus, tidak kalah dengan sutra. Uniknya wol ini dapat bertahan atau awet untuk jangka waktu yang lama. Asalkan sang pemilik benar –benar bisa merawat karpet tersebut dengan benar. Karpet ini juga masih tergolong karpet dengan harga yang mahal.

4. Karpet Berbahan Polypropylene

Bahan jenis ini merupkan serat sintetis buatan, jadi bukan serat alami. Namun serat ini mudah dibersihkan dari noda membandel tetapi rawan pudar. Karpet ini sering di jumpai di tempat – tempat tertentu. Harga yang diberikan untuk karpet berbahan Polypropylene relatif lebih murah, jadi wajar jika banyak orang yang memiliki karpet jenis ini.

5. Karpet Berbahan Nilon

Karpet jenis ini merupakan bahan yang terbuat dari sintetis sama dengan Polypropylene. Selain awat dalam penggunaanya, perawatan untuk karpet ini juga lebih mudah.

6. Karpet Berbahan Katun

Ternyata karpet dari katun juga ada. Ada beberapa yang menggunakan katun sebagai bahan dasar pembuatan karpet. Harga jual yang ditawarkan relatif lebih murah, mudah di bersihkan. Tetapi kalau untuk tahan lama dalam masa pemakaian, bahan jenis ini kurang.

Jika anda udah tau tipe dan bahan karpet apa saja yang biasanya digunakan untuk membuat karpet. Berarti anda sudah mulai memikirkan atau menyusun rencan supaya hasil dari potongan karpet masjid atau karpet di rumah anda dapat presisi lurus dan rapi.

Sudah membuat rencana dengan matang?? Jika sudah yuk kita lanjut ke pembahasan berikutnya.

B. Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Memotong Karpet

Rencana pemotongan karpet anda sudah tersusun rapi di fikiran atau di tulisan anda. Alangkah lebih baikknya anda harus memperhatikan hal penting yang wajib kamu terapkan saat memangkas karpet, agar hasilnya lebih sempurna.

1.Posisikan Potongan Karpet Dengan Benar

Maksudnya gini pilih dan posisikan jadi satu bagian karpet sebelah mana yang akan di pangkas. Supaya menanggulangi kesalahan. Di takutkan karena anda nanti terjadi kekeliruan karena anda sendiri masih belajar dalam memotong karpet masjid.

2. Tandai Bagian Yang Ingin di Pangkas

Setalah anda merencenakan bagian mana yang akan di potong, setelah itu lakukan penandaan pada karpet. Guna memberi tanda supaya tidak keliru atau lupa saat di tingaal aktifitas yang lainya. Karena dengan anda menandai bagian yang akan di pangkas pada karpet, jika anda lupa sudah ada tanda garis di karpet.

3. Teliti

Nah ini, biasanya orang kalau sudah mengerjakan sesuat hal, yang harus tetap di jaga adalah soal ketelitian dalam bekerja. Tledor sedikit saja mungkin hasil dari potongan karpet masjid anda akan tidak presisi atau (mireng) tidak lurus. Jadi anda harus benar – benar teliti dan fokus. Kasian kan kalau karpetnya dibeli dengan harga yang mahal tapi anda memotongya tidak teliti.

OKE ! Poin –poin penting yang harus diterapkan tentang Cara Memotong Karpet tahap pertama Cara Memotong Karpetanda sudah membaca dan sudah memahaminya, tinggal praktek langsung. Tapi sebelum praktek alangkah lebih baiknya anda mempersiapkan alat yang harus dipersiapkan untuk proses memangkas karpet.

Baca Juga : Prosedur Memotong Karpet Masjid Membuat Coakan

c. Alat Yang di Butuhkan

Cara memotong karpet masjid yang presisi dan bagus, anda harus mempersiapkan alat sedehana terlebih dahulu, seperti :

  1. Gunting Karpet
  2. Pisau
  3. Perusak Karpet
  4. Pensil atau Spidol
  5. Penggaris atau Meteran
  6. Mesin Obras (jika ada, biasanya di gunakan ntuk merapikan pinggir karpet yang tebal supaya rapi)

Setelah persipan alat sudah anda penuhi sudah lengkap. Siap untuk menggorok karpet masjid dan karpet rumah. Dengan perasan yakin anda harus segera melakukan pemotongan karpet tersebut. Ingat jangan lakukan aktifitas ini sendiri, harus ada yang membantu anda, supaya kerjanya lebih enteng.

D. Proses Pemotongan Karpet Masjid

1. Langkah Pertama Ukur Terlebih Dahulu

Ambil penggarisn spidol anda –> ambil Karpet lalu balik karpet –> ukur sebelah mana yang akan di potong –> beri tanda garis panjang menggunakan penggaris.

2. Langkah Ke dua Lakukan Pemotongan

Lakukan pemotongan menggunakan gunting karpet –> potong pada tanda yang sudah di garis –> lakukan dengan pelan dan teliti sabar tak usah tergesa – gesa –> pemotongan di harapkan nurut sama garis yang sudah di buat.

3. Rapikan Bagian Tepi

Setelah selesai memotong karpet –> ambil mesin obras –> rapikan tepi – tepi karpet masjid yang sudah di potong –> Proses pemotongan karpet selesai.

Jika anda sudah memahami betul materi Cara Memotong Karpet masjid yang baru saja anda baca ini, lakukan EKSYEN atau mempraktekan materi ini. Apabila adan masih bingung silahkan chek di website kami Pusat Karpet Sajadah. Kalau anda mempunyai pengalaman lain selain ini, bisa anda kolaborasikan dengan pengalaman yang pernah anda lakukan, suapaya hasil potongan karpetnya lebih bagus dan rapi.

Sekian Wassalamualikum.wr.wb

Baca Juga : Grosir Harga Karpet Masjid Turki

2 thoughts on “Cara Memotong Karpet Masjid Dengan Mudah

  1. Pingback: Cara Memakmurkan Masjid Sesuai Sunnah, Dimulai Dari Hal-hal Sederhana - Pusat Karpet Sajadah

  2. Pingback: Menarik Nih, Cara Memotong Karpet Masjid - Pusat Karpet Masjid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *