Cara Memperbaiki Karpet Masjid

karpet masjid, cara memperbaiki karpet masjid
Cara Memperbaiki Karpet Masjid

Cara Memperbaiki Karpet masjid – Berbicara soal karpet, barang ini terbagi menjadi beberapa bagian. Ada karpet yang di gunakan untuk bersantai di rumah, kumpul keluarga, karpet dekoarasi dan karpet masjid. Biasanya orang membeli karpet untuk memperindah suatu ruangan, agar susanan menjadi lebih nyaman dan lebih betah untuk beristirahat di ruangan tersebut.

Dari segi perawatan karpet rumah atau karpet masjid sendiri tentu tidak mudah. Seringkali dalam penggunaanya sudah berhati – hati agar karpet tetap awet dan harum, tetapi yang terjadi malah karpet manjadi batu/keras, kena noda air yang membandel dan luka bakar akibat tetesan abu rokok.

Sehingga menyebabkan tampilan karpet menjadi tidak lagi harum dan nyaman, karena sudah ada beberapa kerusakan. Tetapi kerusakan yang terjadi pada karpet rumah atau karpet masjid bukan berarti anda harus membeli karpet yang baru, anda cukup memperbaiki dengan usaha anda sediri. Tentunya dengan tips yang saya tuliskan di artikel ini. Sebelum memulai ke pembahasan Cara Memperbaki karpet, pertama yang akan dibahas terlebih dahulu adalah jenis kerusakan karpet. Yuk baca ^_^

A. Macam – Macam Kerusakan Pada Karpet Masjid/Rumah

Apa kerusakan yang pernah terjadi dengan karpet masjid/rumah yang pernah anda miliki? Mungkin khasus yang sering terjadi adalah rusak akibat abu rokok ya, “HEHEHE”. Ya begitulah lelaki perokok, kadang perbuatan itu tidak sadar tau tidak sengaja dilakukan , tapi yasudahlah semua sudah terjadi dan akhirnya membekas luka pada permukaan karpet.

Yang perlu anda tahu, kerusakan karpet tidak hanya disebabkan oleh abu rokok, tetapi ada beberapa penyebab yang dapat menimbulkan keruskan pada karpet masjid/rumah itu berbeda – beda. Dari pada pensaran, berikut adalah jenis kerusakan yang terjadi pada karpet masjid atau rumah :

1.Kerusakan Akibat Rokok atau Luka Bakar

Point ini sudah disinggung diawal paragraf tadi dan ternyata kerusakan ini paling sering terjadi pada permukaan karpet. Masih mending kalau bekas luka bakarnya hanya kecil dan satu. Bagaimana kalau luka bakarnya banyak, seperti bintik – bintik yang tersebar diseluruh permukaan karpet masjid?

Mungkin itu akan mengganggu kenyaman si pemakai atau anda akan menggulung karpet tersebut lalu menggantinya dengan karpet baru. Dari pada anda membeli karpet yang baru, lebih baik diperbaiki sendiri dulu, biar irit biaya pengluaran keluarga anda. Nanti tips nya di sampaikan di bagian tengah artikel ini. Selanjutnya……tenang.

2. Kerusakan Akibat Tertimpa Beban Berat

Kerusakan ini sebenarnya jarang terjadi, tetapi siapa tau setelah anda membaca artikel ini ternyata di karpet anda terdapat kerusakan semcam ini. Jadi kerusakan ini di akibatkan karena karpet tertimpa bahan yang berat .

Sehingga menyebabkan bekas seperti cekungan atau peyok di permukaan karpet masjid. Bukan suatu kerusakan yang fatal memang, tetapi untuk anda yang mungkin memiliki karpet kesayangan, hal ini bisa mengurangi tingkat kenyamanan saat menikmati karpet. Kerusakan tentu juga dapat di astasi dengan cara yang mudah dan simpel.

3. Bau karena Air Kencing Anak Kecil

Masalah ini berlaku untuk yang baru mempunyai anak kecil di rumah. Tapi tidak menutup kemungkinan karpet yang ada di masjid juga dapat terkena air kencing anak kecil yang suka mengompol. Saat berkunjung atau beribadah ke masjid biasanya orang tua memperkenalkan tempat ibadah ke anak kecil, jadi anak kecil tersebut ikut ke masjid.

Pernah ada kejadian anak kecil tersebut ngompol dan mengenai karpet masjid yang suci dan bersih. Lalu apakah yang terjadi?? Yaa karpet menjadi bau pesing, dan harus di cuci lagi, tapi apakah harus di cuci semua bagin? Saya rasa tidak, jika anda menggunakan trik yang di akan di jelaskan di bagian tengah nanti.(sabar ya)

4. Karpet Yang Bergelombang Atau Tidak Rata

Baru sebulan membeli karpet masjid/rumah kok permukanyaa sudah tidak rata atau bergelombang? Penyebabnya , sepele sebenarnya. Faktor yang membuaat karpet tidak rata adalah, dalam proses menggulung karpet atau proses menyimpan karpet.

Menggulung karpet itu tidak asal gulung, melainkan ada teknik yang digunakan supaya keadaan permukaan tetap rata. Masalah teknik sudah di bahas di artikel sebelumnya, di artikel tersebut di jelaskan secara rinci tentang tips menggulung karpet masjid atau rumah dengan benar.

Baca Juga : Cara Menyimpan Karpet Masjid Di Masa Pandemi

B. Cara Memperbaiki Karpet Masjid/Rumah

Setelah membaca bagian jenis kerusakan pada karpet, pasti anda penasaran kan dengan bagaimana cara memperbaiki dengan cara yang mudah. Tapi sebelum membahas tentang itu ,alat yang di gunakan untuk memperbaiki jenis kerusakan karpet berbeda –beda. Di sesuai dengan keadan kerusakan pada karpet. Berikut adalah cara memperbaiki jenis kerusakan karpet :

1.Memperbaiki Akibat Luka Bakar Rokok

Sebelum malakukan eksekusi persiapkan alat dan barang yang harus di sediakan untuk proses menambal karpet, seperti :

  1. Lem Tembak
  2. Cari sendok atau kayu kecil (untuk meratakan lem)
  3. Gunting
  4. Cutter

Setelah semua alat di rasa cukup, langkah selanjutnya adalah eksekusi. Langkah – langkah untuk menambal karpet masjid akibat luka bakar :

  1. Gunakan gunting atau cutter untuk mengambil beberapa serabut karpet, yang warnanya masih sama dengan lokasi yang akn di tambal. Biasanya serabut yang di ambil di bagian pinggu karpet atau bawah karpet. tapi ingat sedikit sedikit saja, jangan melakukan pencaputan serat karpet dengan jumlah yang banyak.
  2. Langkah kedua, bersihkann bagian karpet yang terkena luka bakar, berikan lem pada lingkaran karpet yang terbakar, ratakan.
  3. Ambil beberapa serabut karpet yang sudah anda kumpulkan tadi, oleskan sedikit lem pad serabut tersebut. Seetelah itu tempelkan di perbukaan karpet yang terbakar. Beri sedikit penekanan, agar srabut menempel kuat pada permukaan karpet.
  4. Dan yang terakhir adalah, rapikan bekas tambalan tersebut menggunakan gunting. Rapikan edngan cara potoong sedikit sedikit di bagian serabut yang baru saja anda tempel, agar tampak sama dan rata. Usahakan tambalan tersebut tidak terlihat atau tersamar.

Baca Juga : Prosedur Memotong Karpet Masjid Membuat Coakan

2. Memperbaiki Akibat Tertimba Beban Berat

Jika karpet Anda baru saja tertimpa atau kejatuhan barang berat. Akibatnya timbul bekas cekungan pada permukaan karpet. Cara yang bisa anda lakukan supaya karpet rata kembali adalah dengan  menggunakan sebotol air saja dan pengering rambut. Cukup basahi permukaan karpet yang cacat (jangan rendam). saat proses pengeringan gunakan pengering rambut dan gosok dengan tangan Anda di permukaan karpet tersebut.

3. Memperabiaki Akibat Air Kencing

Dari pada anda capek capek mencuci karpet masjid yang lumayan panjang, padahal bagian karpet yangnn terkena air kencing hanya sebagian saja. Lebih baik cuci bagian yang terkena air kencing si kecil saja. Lalu keringkan dengan alat pengiring rambut, dan berikan farfum karpet agar wangi seperti semula.

4. Memperbaiki Karpet Yang Bergelombang / Tidak Rata

Gunakan SETRIKA. Kok bisa menggunakan setrika?? Memratakan karpet sama halnya dengan meratakan baju atau celana anda saat di setrika di rumah. Baju anda tidak rata, kumel tidak tapi, diakibatkan karena saat proses melipat baju anda asal atau tidak rapi. Agar tetap rapi maka baju tersebut di setrika agar halus dan datar.

Itu semua sama halnya dengan karpet masjid yang tidak datar atau bergelombang. Penyebabnya juga sama, karena proses menggulung tikar tidak benar. Cara memperbaikinya juga sama, hanya perlu menggunakan setrika.

C. Penutup

Dari pejelasan cara memperbaiki karpet masjid atau rumah, point penting yang bisa diambil adalah rawatlah karpet masjid atau rumah anda dengan baik. Bila hanya mengalami sedikit kerusakan seperti yang sudah dijelaskan, lebih baik anda perbaiki sendiri. Untuk menghemat biaya, daripada anda membeli karpet yang baru.

Apapila karpet masjid anda sudah mengalami karusakan yang parah, seerti seratnya yang sudah lepas sobek dan lain lain, anda bisa menghubungi PUSAT KARPET SAJADAH, kami menjual berbagai jenis karpet permadani, karpet turki, impor atau lokal. Anda bisa membeli dengan harga per meter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *