Cara Mengelola Uang Masjid Yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Cara Mengelola Uang Masjid – Hampir disetiap tempat ibadah saat ini memiliki uang khas, yang sengaja di kumpulkan untuk membangun fasilitas keperluan masjid. Tetapi ada juga bebrapa tempat ibadah yang sama sekali tidak mempunyai uang kas masjid, karena memang ada beberapa faktor. Tetapi itu tidak menjadi masalah, yang penting masih layak digunakan untuk beribadah.

cara mengelola uang khas tentu bukan suata perkara yang mudah untuk dilakukan oleh takmir masjid atau bagian bendahara. Perlu pengalaman kerja agar dalam mengelola uang khas agar bisa berjalan dengan baik, tidak terjadi kesalahan dalam menghitung uang dan cara mengelola pengluaran dengan benar.

Perlu anda ketahui bahwa, di artikel ini akan membahas tentang cara mengelola khas masjid yang tidak diketahui banyak orang berarti BARU. Dengan tujuan supaya cara mengelola keuangan anda semakin baik dan dapat membantu sesama masjid yang lebih membutuhkan dana untuk pembangunan atau membeli karpet masjid. Tetapi sebelum itu anda sebaiknya mengetahui tentang sumber dana yang bisa anda dapatkan darimana saja.

Baca Juga : Tips Membuat Ruangan Masjid Terlihat Lebar dan Bersih

Cara Mengelola Sumber Dana Masjid

Kalau anda masih bingung memikirkan cara mengelola mencari sumber dana dari mana. Maka diartikel inilah solusi dari masalah anda. Berikut adalah 5 sumber dana masjid yang bisa anda coba :

1.Zakat

Jika anda sebgai takmir, sebaikya cara mengelolanya simpan dengan baik apabila ada yang memberikan zakat dalam bentuk uang. Jika masjid memang sangat kekurangan dana anda bisa juga untuk membuat pamflet tentang penerimaan zakat untuk tempat ibadah tertentu dan posting lewat akun media sosial. Cara mengelola yang kedua buatlah spanduk dan pasang diarea tempat ibadah.

2. Infaq

Setiap masjid pasti memiliki kotak infaq. Manfaatkan dengan baik kotak infaq, agar cara mengelola keuangan cepat terkumpulkan . Tetapi perlu diingat, bahwa dalam pengumpulan dana lewat infaq harus sabar.

Karena tidak semua orang yang beribadah ke masjid akan memasukan uang ke kontak infaq. Biasanya kontak infaq akan cepat penuh ketika memasuki bulan ramadhan. Umat muslim akan berlomba – lomba untuk berbuat amal dan sedekah sebanyak – banyaknya di bulan yang suci dan penuh berkah. Jadi Cara mengelola uang infaq di bulan ramadhan akan lebih efektif dan cepat.

3. Sedekah

Di luar sana masih banyak kok, orang kaya yang suka bersedekah. Jadi jangan sungkan atau malu menawarkan bahwa tempat ibadah anda memang lagi butuh bantuan dalam soal keuangan. Cara mengelola ini Siapa tau, orang yang kaya hati dan harta tersebut bersedia bersedekah berupa karpet masjid baru.

Baca Juga : Harga Karpet Masjid Di Gunungkidul

4. Wakaf

Teryata wakaf juga temasuk dari cara mengelola sumber dana . Ada beberapa orang yang ingin mewakafkan tanah disekitar bagunan tempat ibadah atau barang – barang yang sekiranya masih bermanfaat untuk di gunakan untuk keperluan ibadah. Barang tersebut seperti karpet masjid, mic, aplifier DLL.

Baca Juga : Jual Karpet Masjid Murah di Solo Raya

5. Bantuan

Cara mengelola keuangan berupa bantuan atau donasi, bisa anda dapatkan lewat pamflet dalam bentuk  open donasi untuk pembangunan tempat ibadah. Pamflet tersebut bisa di publikasikan lewat media sosial atau whatsapp DLL semua media sosial bisa anda coba sendiri.

Di point ini dapat disimpulkan bahwa dalam cara mengelola keuangan dalam mencari sumber dana perlu usaha yang keras dan kesabaran, agar masjid menjadi makmur. Jangan sampai demi mendapatkan uang yang lebih cepat untuk modal pembangunan, anda malah mencari sumber dana dengan cara mengelola uang yang haram. Yakinlah bahwa sesuata yang didapatkan dengan cara mengelola yang halal akan bertahan lebih lama dan banyak mafaatnya untuk semua umat.

Baca Juga : Cara Menggalang Dana Online Untuk Pembangunan Masjid

Cara Mengelola Uang Masjid

1.Mengatur Laporan Keuangan Dengan Rapi

Sudah menjadi hal wajib bagi anda tentang cara mengelola mengatur atau mencatat laporan keuangan menggunakan suatu aplikasi pada laptop. Agar keuangan tersusun rapi dan jelas. Jangan sampai di jaman yang sudah canggih tetapi anda masih menggunakan cara mengelola menggunakan buku tebal untuk mencatat laporan keuangan masjid.

Cara mengelola seperti itu tidak masalah, tetapi jika buku tersebut basah jadi repot “hehehe”. Maka dari itu, anda sebagai anak muda yang akan meneruskan mengembangkan masjid di daerah anda, segeralah berkecimpung di dalam anggota takmir. Agar cara mengelola keuangan masjid dapat berkembang lebih baik dari segi keuangan.

Untuk bapak ibuk yang saat ini menjabat sebagai takmir, ajaklah muda – mudi di sekitar anda, agar ada regenerasi yang baik untuk mengurus dan mengembangkan masjid yang lebih baik, dengan cara mengelola uang masjid dengan benar.

2. Laporan Keuangan Yang Transparan

Transparan, berarti tidak ada manipulasi tentang cara mengelola uang. Jika cara mengelola laporan anda tidak transparan, dapat menimbulkan beberapa kecurigaan dari masyarakat sekitar atau sesama anggota takmir masjid.

Dapat menimbulkan fitnah, yang pada akhirnya memicu perdebatan dan perpecahan sesama anggota. Lebih baik cara mengelola laporkan apa adanya, secara jelas agar semua orang paham bahwa kondisi keuangan masjid saat ini seperti apa.

3. Laporan Pemasukan dan Pengluaran Yang Jelas

Bagaimana cara mengelolan keuangan masjid? Untuk masalah pengluaran, anda cukup menyimpan nota – nota pembelian barang. Misal hari ini membeli karpet masjid sepanjang 5 meter di aladdin karpet yogyakarta. Nota keuangan dari pembelian tersebut  simpan dengan baik, karena nota keuangan akan berfungsi sebagai barang bukti ketika laporan pertanggung jawaban. Jika cara mengelola keuangan anda tidak menyimpan nota tersebut yang akan terjadi adalah muncul rasa kecurigaan karena tidak ada barang bukti saol pembelian barang.

Lalu cara mengelola keuangan masjid membuat laporan pemasukan yang jelas. Anda bisa mencoba tips, memfoto atau mendokumentasikan setiap ada barang bantuan untuk keperluan tempat ibadah atau karpet masjid misalnya. Dan anda bisa melampirkan foto tersebut di dalam lampiran laporan keuangan masjid. Cara mengelola uang yang satu ini biasanya tidak banyak yang menerapkan, mungkin karena beberapa faktor.

Baca Juga : Harga Karpet Masjid Di Gunungkidul

Aplikasi Mengelola Keuangan Tempat Ibadah

Salah satu aplikasi cara mengelola keuangan masjid yang sudah diluncurkan kemenag untuk mengatur pengelolan uang dan manajemen keuangan yang baik adalah DKM.or.id (Aplikasi Manajemen Masjid Online). Aplikasi cara mengelola keuangan ini bisa anda download di Play Store. Di dalam aplikasi ini anda ada beberapa fitur yang dapat anda coba untuK segala pengelolaan uang masjid jamaah dan keperluan tempat ibadah, fitur tersebut adalah :

1.Manajemen data Jamaah

Fitur ini dapat membantu anda dalam cara mengelola keuangan masjid, mengalisa jamaah yang hadir di tempat ibadah tersebut. Sehingga dapat membuat perencanaan atau program dakwah yang sesuai dengan profil pekerjaan, pendidikan dan umur jamaah di masjid tersebut.

2. Manajemen Kegiatan Tempat Ibadah

Lebih canggih lagi aplikasi ini dapat mempublikasikan suata acara ke para jamaah masjid tanpa harus mengumumkan lewat toa. Anda cukup share kegitan yang akan di selenggarakan ke para jamaah. Anda juga dapat membuat cara mengelola keuangan masjid rancangan kegiatan di dalam aplikasi ini.

3. Absensi Shalat Berjamaah

Jika anda ingin menggunakan sistem absensi agar jamaah selalu ramai. Anda bisa mencoba cara mengelola keuangan ini. Tetapi saat ini hanya bisa menghitung data jumlah jamaah masjid, belum bisa menghitung secara per-orangan.

4. Manajemen Keuangan

Fitur ini merupakan bagian yang paling penting untuk anda. Karena mengenai cara mengelola manajemen keuangan yang baik. Jadi dengan menggunakan aplikasi ini anda dapat membuat laporan seperti anak akutansi lulusan S2 hehe. Karena cara mengelola hasil laporan yang akan anda buat sesuai dengan Pedoman Standar Akuntansi Keuangan.

Jadi dijamin laporan manajemen keuangan tempat ibadah anda akan tersusun rapi, jelas dan transparan setelah menggunakan cara mengelola aplikasi keuangan ini. Manajemen Keuangan akan lebih cepat berkembang, sehingga cita – cita untuk membeli permadani turki yang baru bisa tercapai di tahun ini. Karena memang dimasa pandemi ini banyak tempat ibadah yang membutuhkan sajadah baru, agar terhindar dari virus corona.

Aladdin karpet Yogyakarta, menyediakan tipe – tipe karpet masjid unggulan. Anda bisa memebelinya per rooll atau per meter. Sesuikan dengan kubutuhan atau lebar tempat ibadah. Dapatkan BONUS menggiyurkan dari pembelian sajadah KHUSUS di tahun ini. Jika anda memerlukan karpet masjid yang lembut tebal dan awet kami siap melayani anda.

Sekian Cara Mengelola Uang Masjid dari tim Alddin Karpet, Jika artikel cara mengelola uang khas masjid ini bermanfaat share ke teman  – teman anda. Supaya kita semua dapat mengetahui cara mengelola manajemen keuangan yang baik dan benar. Dapat mencari sumber dana dengan mudah. Bila ada tips cara mengelola uang khas yang lainya bisa anda tuliskan di koloh komentar di bawah ini.

Baca Juga : Jual Karpet Masjid Area Bekasi Terbaru Di Tahun 2021

karpet masjid royal premium
Karpet Masjid Royal Premium
Aladdin Karpet Jogja

2 thoughts on “Cara Mengelola Uang Masjid Yang Tidak Diketahui Banyak Orang

  1. Pingback: Grosir Karpet Masjid Di Sukoharjo - Pusat Karpet Sajadah

  2. Pingback: Toko Sajadah Di Jogja Yang Terkenal MURAH - Pusat Karpet Sajadah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *