Manfaat Takmir Masjid

pemasangan karpet masjid, takmir masjid
Takmir Masjid Mengurus Karpet Masjid

Manfaat Takmir Masjid – Takmir masjid merupakan organisasi yang terdiri dari beberapa orang, yang mempunyai visi dan misi utuk membangun dan memngembangkan sarana dan prasarana masjid. Menjadi anggota takmir masjid bukan suatu pekerjaan yang mudah.

Karena untuk menjadi anggota yang memuliakan masjid, anda harus bekerja secara ikhlas dari hati. Maka dari itu, tidak banyak yang mau untuk menjadi pengurus masjid, jarang orang yang menolak, apalagi anak muda “hhe”.

Kebanyakaan anggotanya terdiri dari orang tua ada beberapa anak muda juga sebenarnya. Sedangkan untuk struktur kepimipinan, biasanya terdapat Penasehat, ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara, dan bidang bidang lainya yang kusus untuk mengurus di bagian tertentu. Misal bidang perlengkapan masjid atau bidan infaq masjid DLL. Tetapi teryata tidak semua oarang dapat menjadi anggota takmir masjid, harus memenuhi beberpa syarat, yang akan di jelaskan di paragraf berikutnya.

A. Syarat Menjadi Takmir Masjid

Ada tiga point yang harus di miliki untuk menjadi seorang takmir masjid. Tiga point ini sering kita dengar tetapi sangat sulit untuk di lakukan dalam diri anda sendiri. Ketiga point tersebut adalah :

1.Sering Berkunjung atau Beribadah Di Masjid

Bagaimana seorang pengurus masjid mau memakmurkan masjid dan merawat masjid kalau orang tersebut jarang berkunjung atau beribadah di masjid. Lebih baik pilih orang yang suka beribadah di masjid.

Sebab dengan sering berkunjung ke masjid, orang tesebut hafal dengan masalah – masalah dan hal lainya yang perlu di benahi di dalam masjid tersebut. Misi dan fisi untuk memakmurkandan merwat masjid akan tercapai bila anda menentukan anggota takmir masjid berdasarkan syarat yang pertama ini.

Kalau semisal ada orang yang ingin menjadi takmir masjid tetapi dia jarang ke masjid, saran saja, lebih baik jadikan orang tersebut sebagai penasehat saja. Mungkin akan kebih baaik seperti itu, agar tidak menimbulkan perpecahan di antara masyarakat.

2. Sabar

Syarat kedua adalah sabar. Karena kesabaran seorang anggota takmir masjid akan diuji ketika ada beberapa jamaah yang komplain tentang fasilitas masjid. Tentu dengan adanya komplain – komplain dari jamaah memerlukan orang yang sabar dan tidak baper (bawa persaan). Sehingga dapat menyebabkan rasa dendam atau malas untuk menjadi takmir masjid.

Mental Kuat menjadi point plus untuk menjadi seorang takmir masjid. karena yang mereka hadapai itu adalah umat yang ada di desa anda sendiri ata tamu dari luar. Bekerja tanpa pamrih demi kepentingan bersama, isnyallah pahala yang akan anda dapatkan melimpah begitu juga rezeki yang akan anda terima.

3. Tidak Suka Tergesa – Gesa

Pilih orang yang selalu tenang bila dihadapkan dalam suatu masalah, maksudnya tergesa – tegesa itu sebenarnya. Jadi dalam mengambil suatu keputusan yang anggota takmir masjid tidak boleh tergesa – gesa. Keputusan harus benar – benar sudah matang dan berdasarkan pertimbangan oleh banyak masyarakat tidak berpihak kepada satu orang atau keputusan sendiri.

4. Mempunyai Rasa Cinta

Sesuatu pekerjaan atau masalah yang berat akan terasa ringan karena CINTA.(Pokokonya CINTA) hhe. Kalau sudah cinta kepada masjid, semua pekerjaan yang bertujuan untuk memakmurkan masjid akan teras ringan. Sebaliknya, apabila anggota takmir belum cinta maka yang akan terjadi adalah semua perkerjaan akan terasa berat dan lama.

5. Ikhlas

Kenapa harus ikhlas? Karena Seorang takmir masjid hanya mendapatkan bayaran kecil, tetapi ada juga yang tidak mendapat bayaran. Tetapi jangan salah, semua pekerjaan yang dilakukan oleh takmir masjid untuk memakmurkan masjid akan dibayar langsung oleh Allah SWT. Jadi, begitu banyak berkah yang akan didapatan ketika anda ikhlas untuk mengurus masjid disekitar anda. Insyallah pahala yang akan didapat besar dan memiliki banyak manfaat.

Dari ke lima syarat di atas sudah di jelaskan  bahwa untuk menjadi sorang anggota takmir masjid yang di butuhkan bukan hanya niat , teryata ada ikhlas, sabar, tidak tergesa – gesa, mempunyai rasa cinta dan sering berkunjung ke masjid.

Baca Juga : Cara Memakmurkan Masjid Sesuai Sunah Dimulai Dari Hal – Hal Sederhana

B. Manfaat Takmir Masjid

Tahukah anda bahwa peran takmir masjid itu sangat penting demi bekembangan masjid. Yaa, hal ini sudah tidak dapat di pungkiri sebab manfaat dari takmir sangat berpengaruh. Tetapi apakah anda sudah tau manfaat dari takmir? Jika anda belum tau, mari kita ulas sama – sama :

  1. Keuangan Masjid Terjaga
  2. Fasilitas Sarana dan Prasarana Terjaga
  3. Acara Rutinan Pengajian Berjalan Dengan Baik
  4. Kebersihan Masjid Terjaga
  5. Jadwal Adzan dan Khutbah Tertata Rapi.

Lima manfaat di atas mungkin belum mencakup semuanya, tentu masih ada manfaat lain dari organisasi takmir masjid ini. Bayangkan saja, apabila dalam sebuah masjid tidak mempunyai takmir, lalu siapakah yang akan mengurus ke lima point di atas???? Jawabanya bisa anda pikirkan sendiri, hehehe

Baca Juga : Manfaat Membersihkan Karpet Masjid

C. Tugas Pengurus Masjid

Selain manfaat, selanjutnya yang akan di bahas adalah TUGAS dari pengurus masjid. Beda tipis dengan manfaat, tetapi tugas ini saling berhubungan dengan manfaat di atas, berikut merupakan tugas Pengurus takmir masjid :

  1. Berkoordinasi dengan bendahara dalam rangka merencanakan dan membangun fasilitas masjid atau yang lainya.
  2. Membentuk dan mengelola badan usaha untuk membantu pemasukan keuangan masjid.
  3. Membentuk jadwal khutbah jumaat dan jadwal piket untuk kerbersihan masjid setiap harinya.
  4. Mengembangkan dan membuat rencana pembangunan fasilitas di masjid
  5. Menganti karpet masjid, merawat dan menggulung.
  6. Mengelola uang Infaq dan zakat.

D. Masa Jabatan Takmir Masjid

Kira – kira berapa lama masa jabatan takmir masjid di daerah anda? Jika anda baru tau kalau mengurus masjid ada masa jabatanya, maka jawabanya ada di artikel ini. sebenarnya tidak butuh waktu lama untuk masa jabatan takmir masjid.

Periode kepengurusan selama tiga tahun sebenarnya sudah cukup bagi yang menjabat atau mengurus masjid. Tetapi dalam kenyataanya pengurus masjid bertahan sampai orang tersebut sudah tidak mampu untuk melakukan hal – hal berat atau sudah sepuh.

Hal ini mungkin karena sulit untuk mencari orang – orang yang benar mempunayi niat yang tulus untuk mengurus kemakmuran masjid. Padahal apabila kepengurusan masa jabatan hanya tiga bulan, di setiap bulanya akan mengalami pergantian. Yang hasilnya akan berdampak baik bagi masyarakat sekitar, karena sebagian orang sangat peduli untuk mengurus tempat ibadah mereka. Masyarakat akan saling bergotong royong untuk merawat masjid. (Betul Tidak?)

E. Jenis – Jenis Kegiatan Takmir Masjid

setiap organisasi memiliki rencana kegiatan yang akan dilakukan untuk satu tahun kedepan. Begitu pula dengan Organisasi ini, paling tidak membuat beberapa jenis kegiatan yang berguna untuk semua umat yang bergama Islam. Contoh jenis – jenis Kegiatan takmir masjid :

  1. Pengajian setiap satu bulan sekai
  2. Pembagian zakat ke panti asuhan setiap 2 bulan sekali
  3. Bantuan sembako untuk masyarakat yang kurang mampu
  4. Mengadakan bantuan sosial untuk daera yang terkena bencan dan masih banyak lagi.

Manfaat Takmir Masjid yang sebenarnya tidak hanya untuk membangun dan mengmbangkan masjid agar lebih maju. Tetapi kita juga bisa belajar organisasi si tengah – tengah masyarakat bersosialisasi dengan banyak orang dan mengajarkan anda untuk selalu ikhlas dalam bekerja tanpa pamrih. Walaupun ada beberapa masyarakat yang suka ngomel – ngomel tidak jelas.

Tetapi yakinlah, bahwa anda yang mungkin saat ini menjadi pengurus takmir masjid suatu saat Allat pasti akan membalas pekerjaan anda yang mulia ini dengan kenikmatan atau rizki yang tidak terduga dari segala arah dalam kehidupan anda. Terimkasih, bila ada tambahan atau masukan bisa anda tulis di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *