Metode Cepat Menghafal Al Quran

Metode Cepat Membaca Al Quran,
Metode Cepat Menghafal Al Qur’an

Metode Cepat Menghafal Al Quran – Al Qur’an  adalah sebuah kitab suci utama dalam agama Islam,dimana umat muslim percaya bahwa kitab ini diturunkan oleh ALLAH SWT kepada NABI MUHAMMAD SAW. Kitab suci Al-Qur’an terbagi menjadi beberapa surah atau bab dan setiap babnya terbagi kedalam beberapa ayat.

Kaum muslim percaya bahwa Al-Qur’an di firmankan langsung oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad melalui Malaikat Jibril. Secara berangsur – angsur selama 22 tahun, 2 bulan dan 22 hari jika total jumlahnya selama 23 tahum, dimulai sejak 17 Ramadhan. Saat Nabi Muhammaad SAW berumur 40 tahun hingga wafat pada tahun 632.

A. Pahala Membaca Al Quran

Mem­baca Al Qur’an hukum-nya wajib bagi orang yang memeluk agama Islam. Hukum wajib disini merupakan kata yang harus dilakukan oleh umat Islam. Supaya rajin membaca Al Qur’an, mempelajari, mengamalkan bahkan menghafalnya.

Namun!!!

Pernyataan ini ber­banding terbalik dengan realita yang ada di kehidupan di sekitar kita. Umat Islam banyak yang me­ngabaikan kewajibannya untuk membaca Al-Qur’an. Bahkan dalam waktu sehari-pun tak me­nyentuh dan memegang Al Qur’an sebagai pe­gangan hidupnya. Lebih parahnya sampai tidak membaca Al Qur’an selama satu tahun lebih.

 “Astaghfirullahaladzim semoga segera di sadarkan hatinya aamiin….”

B. Faktor Malas Membaca Al Quran

Faktor yang menyebabkan umat Islam sampai lupa untuk membaca Al-Qur’an adalah Per­kembangan teknologi dan komunikasi. Sehingga umat Islam khususnya re­maja Islam melupakan dan berpaling hati untuk melupakan Al Qur’an.

Perkembangan teknologi dan komunikasi seperti gadget, yang di jual dengan harga yang murah, sesuai dengan kantong masyarakat . Memberikan ke­mudahan kepada masyarakat untuk berbondong – bondong untuk membeli gadget dan alat komunikasi yang lainya.

Gaya hidup yang semakin dituntut untuk bergaya mewah. Nongkrong kesana – kesini tidak jelas hanya mengutamakan kesenangan dan gengsi. Sehingga menyebabkan banyak kaum muslim yang terlalu sibuk mengejar uang di dunia ini. Hingga mereka melupakan keewajibanya sebgai orang muslim untuk membaca Al Qur’an.

C. Pahala Membaca Al Quran

Setiap orang yang membaca Al Qur’an dengan ikhlas karena Allah SWT maka ia mendapatkan pahala. Ikhlas disini tidak ada unsur paksaan saat membaca Al Qur’an maka gunakan hati yang ikhlas, penghayatan dan pema­haman ter­­hadap ayat yang dibaca. Maka pahala yang didapatkan adalah satu huruf menjadi sepuluh kebaikan.

“Kak aku baca Al-Qur’an gak lancar masih patah-patah, hukumnya bagaimana?”TENANG ada Jawaban.

Membaca Al-Qur’an dengan lancar mau­pun terpatah – patah tetap mendapatkan pa­hala karena ia merupakan kitab suci kala­mullah. Seperti yang sudah dijelaskan dalam sebuah hadits Nabi

“ Siapa saja membaca satu huruf dari kitab Allah (al-Qur’an), maka bagi­nya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu di­balas dengan sepuluh kali lipat-Nya.” (HR. At-Tirmidzi). 

D. Pahala Menghfal Al quran

Menghafal Al Qur’an bukan suatu hal yang mudah untuk dilakukan setiap orang. Perlu niat dan tekad yang besar untuk menjadi seorang hafidz. Pahala menghafal Al Qur’an  bukan hanya diberikan bagi yang mampu menghafal satu mushaf Al Qur’an  yang terdiri dari 30 juz, 114 surah, dan 6.666 ayat.

Terus apakah orang yang hanya menghafalkan satu surah mendapatkan pahala yang sama?

Allah SWT juga memberikan penghargaan kepada siapa saja yang mampu menghafal satu surah saja atau bahkan kurang dari itu. Sebab perhitungan pahala menghafal Al Qur’an  adalah ayat per – ayat.

Seperti yang di katakan oleh Nabi SAW,

Dikatakan kepada orang yang membaca (maksudnya menghapal) Al-Qur’an  kelak, “Bacalah dan naiklah serta tartillah sebagaimana kamu di dunia mentartilnya. Karena kedudukanmu adalah pada akhir ayat yang kamu baca (hafal).” (HR. Abu Daud).

Hadits ini memotivasi kita agar menambah hafalan. Maksud hadist di atas menjelaskan  bahwa yang terpenting adalah bukan jumlah hafalan yang telah dihafal, melainkan seberapa erat Al Qur’an  dijadikan amalan dalam kehidupan sehari-hari.

Menghafalkan Al-Qur’an yang terpenting adalah bukan mengenai jumlah hafalan yang ada di otak. Tapi seberapa pengaruhnya Al-Quran  dijadikan sebagai pedoman sehari-hari dan selalu rendah hati kepada semua orang. Percayalah hidupmu akan tenang dan selamt dunia akhirat ketika anda bisa menghafal dan mengamalkan ayat suci Al-Qur’an dengan benar.

E. Metode Cepat Membaca Al Quran

Menghafal Al Qur’an bukan pekerjaan yang mudah. Untuk menghafalkan salah satu surah – pun terkadang membutuhkan watu yang cukup lama. Jika tidak pandai membagi waktu, maka yang akan terjadi mungkin proses menghafal Al Qur’an tidak maksimal. Tapi bukan berarti menjadi hal yang mustahil bagi anda untuk tetap mengahfal Al Qur’an

Ada Beberapa Metode Yang Bagus Yang Bisa Dilakukan Untuk Menghafalkan Al Qur’an, Seperti :

1. Kuat-kan Niat

Yang paling pokok sebelum melakukan hafalan Al Qur’an adalah niat. Niatkan dalam hati anda secara ikhlas untuk menghfal dengan tujuan beribadah dan ingin mendapatkan pahala terbaik di sisi Allah SWT.niat yang lurus dan hati yang ikhlas karena Allah maka rasa lelah dan malas tidak akan menjadi penghalang saat proses menghafal Al Qur’an

2. Memperbaiki Bacaan

Memperbaiki bacaan sangat penting untuk mengecek kembali kualitas membaca yang anda miliki. Berikan  sedikit waktu atau disela-sela untuk memperbaiki bacaan Al Qur’an agar hafalan menjadi lebih sempurna agar lebih enak untuk didengarkan. Selain menghafal Al Quran, tetapi anda harus melakukan teknik bacaan dengan cara yang baik dan benar.

3. Sering Melakukan Pengulangan Bacaan

Dalam menghfal Al Qur’an tentu harus melakukan proses pengulangan bacaan supaya bacaan dapat teringat dalam dalam jangka waktu panjang dalam pikiran anda. Ulang ayat-ayat berulang kali hingga anda benar hafal dan lancar.

4. Tulis Target Hafalan Per-Minggu

Buatlah rencana mingguan untuk hafalan anda. Supaya setiap minggu anda mempunyai target yang harus di kejar. Dengan adanya target mingguan, proses menghafal anda akan tertata dengan rapi tidak acak-acakan.

5. Belajarlah Dengan Guru

Dalam proses belajar setidaknya anda perlu guru yang ahli di bidang tersebut. Dengan tujuan Untuk menghindari bacaan mana yang salah dan akan langsung di benarkan oleh gurunya. Ini bertujuan agar orang tersebut bisa mengoreksi atau membenarkan jika bacaan kita salah.

6. Sering Mendengarkan Murotal

Rekaman suara Al Qur’an yang dilagukan oleh seorang qori (pembaca Al Qur’an). Anda juga bisa mencari rekaman vidio di Youtube. Banyak jenis murotal yang akan anda temukan ketika anda ingin belajar lewat vidio.

Dengan cara mendengarkan murotal ini otak berefek baik pada kebiasaan otak anda. Yang nantinya akan membantu mempermudahkan anda dalam menghfal Al Qur’an

7.Hindari Pemikiran Kotor

Terkadang di dalam pikiran seseorang muncul pikiran negatif. Hal tersebut dapat meyebabkan terhambatnya proses hafalan anda. Cobalah untuk selalu berfikir positif dan baik. Agar dalam menghafal pikiran anda tetap tenang, tidak terbayang-bayang hal-hal negatif.

8. Sabar

Selalu Sabar adalah kunci dalam setiap kesulitan yang kita dapatkan selama proses menghafal. Dengan bersabar, kita akan mendapatkan kemudahan yang lebih banyak dalam menghafalkan Al Qur’an. Karena ujian yang akan muncul ketika menfhafal akan sangat beragam, yang membuat anda harus selali bersabar secara ikhlas dan lapang dada.

9. Konsisten

Konsisten dalam penghafal Al Qur’an harus memiliki pondasi yang kokoh untuk selalu menjaga hafalan. Sebab kunci dari kesuksesan menghafal Al Qur’an adalah konsistensi yang kuat.

10. Lakukan di Masjid

Biasanya beberapa orang lebih memilih tempat yang tenang dan nyaman agar proses menghafal bisa berjalanan dangan lancar. Tidak terganggu dengan suara – suara bising yang dapat mengganggu konsentrasi.

Contohnya di masjid, karena di masjid adalah tempat ibadah paling sempurna untuk umat Islam. Ditambah dengan alas karpet masjid yang empuk dan nyaman. Akan menambah rasa fokus anda ketika menghafal ayat – ayat Al Qur’an.

Baca Juga : Grosir Karpet Masjid Turkki Kualitas Terbaik

D. Kesimpulan

Sekian tips Metode Cepat Menghafal Al Quran. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua supaya kita semakin rajin untuk membca Al Qur’an setiap hari. Ber­upayalah kita dengan sungguh-sung­­guh untuk terus memanfaatkan waktu dengan membaca Al Qur’an. Karena nanti Al Qur’an akan memberikan syafaat bagi pem­bacanya sesuai dengan sabda Nabi SAW:

“Bacalah al-Qur’an, karena ia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada para ahlinya.” (HR. Muslim).

Metode Cepat Menghafal Al Quran. Buatlah Al Qur’an sebagai ba­caan harian kita dan janganlah kita tinggalkan dalam keadaan ba­gai­mana­pun, sedikit tapi terus lebih baik daripada banyak namun ter­putus. 

Baca Juga : Cara Memilih Karpet Masjid Yang Keren

Chek Instagram : @karpetmasjidaladdin

Chek Facebook : @aladdin Karpet

7 thoughts on “Metode Cepat Menghafal Al Quran

  1. Pingback: Metode Cepat Menghafal Al Qur’an dan Karpet Masjid - Karpetmasjidroll

  2. Pingback: Metode Cepat Menghafal Al-Quran - Karpet Masjid Turki

  3. Pingback: Cara Membersihkan Karpet Masjid Dari Rambut - Pusat Karpet Sajadah

  4. Pingback: Cara Memakmurkan Masjid Sesuai Sunnah - Pusat Karpet Sajadah

  5. Pingback: Sabun Cuci Karpet Masjid - Agen Karpet Masjid

  6. Pingback: METODE CEPAT MENGHAFAL ALQURAN - Pesan Karpet Masjid

  7. Pingback: METODE CEPAT MENGHAFAL AL QURAN - Cari Karpet Masjid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *