Penyebab Karpet Masjid Bau Pesing

karpet masjid yang harum dan bersih

Penyebab Karpet Masjid Bau – Pernah tidak anda sholat di masjid, “maaf ni” pas gerakan sujud mencium bau yang tidak enak pada karpet masjid tersebut? Lantas bagiamana respon anda, apakah menahan nafas saat gerakan sujud? Atau hidung anda tidak menyentuk karpet tersebut? “hehehe”

Berarti pada intinya karpet masjid yang bau pesing akan meganggu seseorang ketika beribadah di masjid. Yang menjadi masalah besar disini adalah, karpet masjid tersebut sudah di cuci, di jemur, di beri pewangi dan di sedot debu dengan vacuum cleaner DLL.

Lalu kenapa kok karpet masih muncul aruma tidak enak ketika digunakan untuk shalat? Oleh karena itu, artikel ini dibuat karena ditengah – tengah jamaah umat islam muncul masalah berupa karpet masjid yang masih muncul aroma tidak sedap, padahal sudah di cuci dan diberi farfum karpet. Silahkan baca isi dari artikel ini sampai selesai jika karpet masjid anda ingin harum seperti aroma surga.

Pemicu Karpet Masjid Bau Apek

Apa yang anda rasakan ketika, seharian sudah mencuci karpet masjid bersama teman – teman. Setelah karpet tersebut kering lalu di beri farfum dan hasilnya sama saja tetap bau APEK. Mungkin ada rasa jengkel dan penasaran kali ya, karena heran karpet yang seharusnya wangi malah sama saa berbau tidak sedap atau lebih parah.

Sadar atau tidak, mungkin anda belum melakukan point penting yang harus di perhatikan dan dilakukan dalam proses mencuci atau mebersihkan karpet agar aruma karpet masjid menjadi wangi. Point tersebut apabila sudah dilakukan insyallah, hasilnya karpet masjid anda akan harum dan nyaman digunakan untuk beribadah. Berikut adalah pemicu karpet masjid mengluarkan bau apek :

1.Cara Mencuci Karpet Masjid

Kesalahan dalam mencuci karpet juga dapat menimbulkan bau yang tidak sedap. Dan inilah urutan yang dapat anda coba di rumah atau masjid untuk mencuci karpet anda :

a. Bersihkan Menggunakan Vacuum Clener

Looh kan mau di cuci, otomatis debu dan kotoran yang menempel pada permukaan karpet, otomatis sudah ikut hilang dong“. Jadi gini, kenapa sebelum proses mencuci karpet harus di bersihkan menggunakan vacuum cleaner dahulu?

Alasanya, karena kotoran atau debu yang ukuranya sangat kecil itu menempel di serat – serat karpet tersebut. Ingat SERAT, tidak hanya dipermukaanya saja. Kalau debu menempel pada serat atau celah karpet masjid yang pada umumnya sangat rapat, apakah bisa debu dihilangkan dengan cara di semprot dengan air dan sabun? Coba di bayangkan saja dulu bisa atau tidak.

Oleh sebab itu, sarannya sebelum melakukan pencucian karpet lakukan penyedotan debu dengan vacuum cleaner supaya proses dan hasil cucian karpet lebih maksimal. Mencuci karpet dengan hati yang senang, jamaah pun semakin khusyuk melakukan ibadah di masjid.

Baca Juga : Manfaat Membersihkan Karpet Masjid

b. Cuci Karpet Dengan Posisi Di Gantung

Posisi apa saja yang pernah anda coba untuk proses mencuci karpet masjid? jika belum pernah mencoba gaya ini, silahkan dicoba. Jadi posisikan karpeet masjid yang akan di cuci dengan tergantung atau terbentang.

Gaya tergantung atau terbentang ini bertujuan agar air dapat langsung mengalir ke bawah. Tidak menimbulkan genangan pada permukaan karpet masjid, yang dapat memicu kerusakan lem yang ada di karpet. Hasilnya air akan langsung keluar ke arah bawah dan membawa sedikit debu yang masih tersisa di serat karpet.

c. Pakai Penyemprot

Ketika karpet masjid sudah di gantung atau terbentang, proses selanjutnya adalah seprotlah karpet dengan air, usahakan tekanan air untuk menyemprot lumayan kuat, sehingga debu dan kotoran yang ada di karpet benar – benar hilang tidak tersisa lagi.

d. Gunakan Sabun Khusus Karpet Masjid

Hindari penggunaan sabun biasa saat mencuci karpet masjid. Lebih baik gunakan sabun khusus untuk mencuci karpet atau natural soap dan sabun bayi. Pemilihan sabun yang cocok berguna agar terhindar dari kerusakan pada tekstur karpet dan pemborosan sabun.

Kok bisa boros?” Bayangkan anda mencuci karpet masjid menggunakan detergen  kain biasa, yang dipakai setiap hari. Apakah busa yang dihasilkan akan maksimal? Kalau untuk mencuci baju dan celana pasti kain tersebut bersih. Tetapi ini karpet masjid, yang tebal dan panjang. Anda akan memakai detergen pakain berapa botol?

Berlebihan menggunakan sabun cuci juga akan menimbulkan kerusakan pada tekstur karpet. Saran, mending anda memebeli sabun yang memang khusus digunakan untuk mencuci karpet masjid. Anda bisa irit biaya, irit tenaga dan hasil cucian karpet anda bisa maksimal. Penggunaan sabun yang salah juga menjadi salah satu Penyebab Karpet Masjid Bau.

e. Pilih sikat Yang Lembut

Sebenarnya pemilihan sikat yang lembut ini tidak begitu berpengaruh pada aroma karpet. Tetapi ini dicantumkan agar anda lebih hati – hati dalam menyikat di permukaan karpet masjid.

Usahakan cari sikat yang lembut. Soalnya sikat yang kasar dan kaku dapat menyebabkan serat atau bulu pada permukaan akan rontok. Ada beberapa kotoran yang sulit dibersihkan ketika anda menggosak sehingga memerlukana tenaga ekstra untuk menggosoknya. Pilih sikat yang lembut jika karpet masjid anda ingin awet.

2. Trik menjemur Karpet Masjid

Cara menjemur karpet dengan pakaian hampir sama sebenarnya. Yaitu dengan cara di GANTUNGKAN.  Tetapi beberapa orang juga lebih memilih untuk menjemur di latar atau bawah, ada juga yang di atap rumah.

Proses tersebut memang bisa membuat karpet menjadi kering, tidak ada salahnya. Tetapi ada beberapa kekurangan jika anda melakukan penjemuran di atap rumah atau di bawah. Resiko yang akan terjadi adalah karpet akan terkena debu yang berterbangan di luar sana.

Sehingga akan membuat permukaan ternodai lagi. Alangkahh lebih baik jika anda mempunyai tempat untuk menjemur karpet berupa gantungan yang kuat, utamakan dengan cara itu. Selain efisen tempat, karpet yang di jemur juga akan terhindar dari menempelnya debu kembali.

Hasil ketika karpet sudah kering pun akan nampak tetap terjaga kebersihanya. Usahakan karpet masjid benar – benar di jemur dibawah terik sinar matahari. Angkat ketika karpet masjid sudah kering. Agar tidak menjadi Penyebab Karpet Masjid Bau.

Baca Juga : Cara Sederhana Membersihkan Karpet Masjid Dari Rambut

3. Cara  Mengaharumkan Karpet Masjid

Membuat karpet masjid menjadi harum. Itu berarti carilah parfum atau pengaharum yang khsusus untuk karpet masjid. Ketika anda sudah memiliki parfum tersebut, seprotkan ke permukaan karpet yang sudah kering secukupnya saja. Jangan terlalu banyak memberikan parfum yang justru akan membuat orang ketika bersujud menjadi pusing kepala, karena arumanya terlalu meyengat.

4. Tips Agar Karpet Masjid Tetap Wangi

Yang terkahir ini merupakan bagiamana menjaga agar karpet masjid tetap wangi dalam jangka waktu yang lama. Sadar kalau proses mencuci karpet itu memerlukan waktu dan tenaga banyak. Oleh sebab itu menjaga karpet harus tetap harum dan bersih adalah solusinya agar tidak terlalu sering mencuci karpet masjid. Tips agar karpet masjid tetap wangi sebagai berikut :

a. Pasang Keset Di Pintu Masuk Masjid

Bertujuan supaya orang yang berkungjung ke masjid untuk beribadah,  ketika akan memasuki masjid, kaki harus benar – benar bersih. Dengan cara keset terlebih dahulu di pintu masuk yang sudah di sediakan.

b. Bersihkan 1 x Sehari Menggunakan Vacum Cleaner

Dalam sehari pasti ada debu yang terbang terbawa angin masuk ke masjid dan menempel pada permukaan karpet. Supaya tidak terjadi penumpukan debu, lebih baik segera sedot debu menggunakan vacuum cleaner setiap sehari 1 kali.

c. Semprot Menggunakan Parfum Minimal Satu Minggu sekali

Semportkan parfum secukupnya, ketika aroma karpet masjid anda sudah tidak wangi lagi. Kira – kira satu minggu sekali. Supaya karpet masjid selalu harum setiap hari dan arumanya memasuki hidung di setiap jamaah yang akan membuat jamaah menjadi suka berkunjung ke masjid untuk beribadah.

d. Bersihkan Noda Segera Mungkin

Ketika anda melihat noda di permukaan karpet, segeralah bersihkan noda tersebut. Karena noda yang terlalu lama dibiarkan, noda tersebut akan semakin susah untuk dibersihkan. Gunakan Baking Soda lalu keringkan dengan Hair Dryer dan kasu farfum karpet.

Buat Jadwal Membersihkan Karpet Masjid

Supaya empat point di atas dapat terlaksana dengan konsisten, solusinya, buatlah jadwal piket harian untuk masyarakat disekitar anda. Khusus untuk merawat karpet masjid. Dengan adanya jadwal piket ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa peduli dan kompak untuk memakmurkan masjid dan menjaga karpet.

Penutup

Kesimpulan dari artikel Penyebab Karpet Masjid Bau ini adalah lakukan proses membersihkan atau mencuci karpet dari awal dengan sungguh – sunggu. Perhatikan beberapa point penting yang mempengaruhi karpet masjid menjadi harum dan awet dalam jangka waktu panjang. Bila anda mempunyai beberapa tips atau cara lain yang bisa membuat karpet masjid lebih wangi dan harum, bisa ditulis di kolom komentar.

Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam merawat karpet masjid kesayangan anda. Sekian Tips dari team ALDDIN KARPET, bila anda ingin memiliki karpet yang berkulitas, lembut, tembal dan harum bisa kunjung website atau media sosial kami di bawah ini.

Artikel Terkait :

5 thoughts on “Penyebab Karpet Masjid Bau Pesing

  1. Pingback: Cara Mengharumkan Karpet Masjid - Agen Karpet Masjid %

  2. Pingback: Harga Karpet Masjid Roll Polos - Karpet Masjid Turki

  3. Pingback: Harga Karpet Masjid Di Gunungkidul - Pusat Karpet Sajadah

  4. Pingback: Harga Karpet Masjid 1 Roll - Agen Karpet Masjid murah dan berkualitas

  5. Pingback: 7 Tips Cara Mencuci Karpet Masjid Agar Tidak Bau - Pusat Karpet Masjid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *