Sejarah Singkat Sajadah dan Karpet Masjid Turki

Karpet Masjid Turki, Tipe Grand Premium,Sejarah singkat sajadah
Gambar Karpet Masji Tipe A-GRAND PREMIUM

Sejarah Singkat Sajadah – Seiring berjalanya waktu dan teknologi yang semakin berkembang pesat. Sejarah sajadah yang digunakan untuk keperluan ibadah yang sifatnya tidak wajib, saat ini menjadi suatu barang yang harus dimiliki setiap orang atau disetiap masjid.

Karpet masjid saat ini digunakan sebagai alas yang wajib digunakan untuk shalat Umat Islam, agar terhindar dari debu, kotoran dan najis yang berada di lantai.

Tetapi Pernah tidak, anda membayangkan sejarah sajadah pada zaman dahulu itu hanya menggunakan sehelai daun atau sehelai hanya kain saja?? Lalu apa arti sajadah dan Bagaimana prosesnya kok bisa menjadi karpet yang bagus dan indah seperti yang digunakan saat ini.

Jika anda penasaran jawabnya, Yuk baca artikel ini sampai selesai.

Sejarah Pengertian Sajadah atau Karpet

Kata arti sajadah berasal dari bahasa arab yaitu dari kata “Sajada” yang artinya masjed atau Masjid. Pada awalnya arti sajadah zaman dahulu merupakan salah satu jenis karpet yang diproduksi di daerah Asia Barat dan Asia Tengah.

Sejarah Karpet untuk shalat tertua pertama kali ditemukan dalam kuburan di lembah PAZYRIK yang diperkirakan berasal dari lima sampai empat abad sebelum masehi. Sedangkan kumpulan sejarah sajadah dengan lukisan di tepi sajadah tertua, ditemukan di SEMENANJUNG ANATOLIA TURKI yang diperkirakan berasal dari masa dinasti SELJUK pada pertengahan pertama abad-13.

Artikel Terkait : Grosir Harga Karpet Masjid Turki

Sejarah Kemunculan Karpet Turki

Sejarah karpet turki sendiri dibuat oleh masyarakat sejak pertengahan abad ke-13. Bagi masyarakat Turki, arti sajadah merupakan barang yang wajib dimiliki setiap rumah untuk mempercantik dan menutupi lantai pada rumah.

Sampai saat ini karpet turki sudah terkenal ke seluruh manca negara. Ada dua hal yang meyebabkan karpet asal Turki begitu populer telinga manusia dan selalu diburu banyak orang. Yang pertama adalah karena ketahanya saat digunakan dan kecantikan dari motifnya yang elegan.

Saking terkenalnya, Di Indonesia sendiri sudah banyak masjid-masjid yang sudah memakai karpet masjid turki, karena kenyaman dan keindahan saat digunakan. Begitulah kemunculan awal sejarah singkat sajadah karpet masjid dari turki.

Sejarah Awal Lukisan Pada Sajadah

Sejarah sajadah pada waktu itu digunakan oleh pemeluk agama Islam untuk menutupi tanah atau lantai yang kosong saat mereka akan melakukan ibadah shalat. Adapun ujung dari sajadah ini selalu diarahkan ke Mekah, Saudi Arabia, yang merupakan pusat/kiblat bagi seluruh umat Muslim di dunia.

Gambar di permukaan sajadah biasanya dilukis dalam berbagai bentuk. Biasanya sajadah dilukis dengan gambar lengkungan mimbar atau mihrab untuk Imam. Namun ciri – ciri dari masing-masing gambaran pada sajadah bisa berbeda-beda sesuai dengan ciri negara yang memproduksi sajadah tersebut. Misalnya arti sajadah Anatolia memiliki motif gerak di sepanjang permukaan sajadah dan lain-lain.

Sejarah Filosofi Sajadah

Arti sajadah atau karpet oleh umat muslim digunakan untuk proses shalat, yaitu dengan cara menundukan badan serendah – rendahnya ke bawah, dengan beralasan sajadah di bawahnya. Yang mempunyai arti bahwa kita harus selalu rendah hati dan tidak sombong, karena pada dasarnya kita akan kembali ke tanah.

Selain itu, arti sajadah yang memiliki ukuran 90x120cm. Dari ukuranya memang diperuntukkan khusu untuk sholat saja dan mempunyai maksud filosofi sendiri. Maka dibuat tidak terlalu besar, meskipun ada sajadah panjang seperti karpet masjid yang digunakan di tempat ibadah umum/masjid agung.

Makna filosofi dari sejarah sajadah yang berukuran sempit tersebut memiliki arti bahwa dalam keadaan sempit dan serumit apapun beban hidup yang kita alami, pasti semuanya bisa diselesaikan dengan kita sujud memohon kepada Allah SWT di tempat sesempit sajadah.

Berikutnya sejarah sajadah mempunyai filosofi, sebesar dan sebanyak apapun dosa yang telah kita lakukan, pada akhirnya kita pasrahkan dan meminta semua ampunan kepada Allah SWT. Di tempat sesempit sajadah ini manusia berharap bahwa semua dosa – dosanya akan diampuni dan mampu ditampung oleh sajadah yang sesempit itu. jadi seperti sejarah singkat sajadah dilihat dari segi filosfinya.

Pandangan Islam Dalam Penggunaan Sajadah

Kenapa sholat harus menggunakan sajadah??? Padahal dalam hukum Islam tidak ditemukan anjuran untuk menggunakan sajadah dalam shalat. hmmmm…….

Gini …

Dalam Agama Islam sendiri, Syarat paling pokok yang harus diperhatikan saat mejalankan ibadah Shalat adalah kebersihan di tempat ibadah.”Benar atau Tidak”. Maka dari itu, Umat Muslim di seluruh dunia menggunakan sajadah untuk memastikan area yang mereka gunakan untuk sholat benar-benar bersih dan tidak bersentuhan langsung dengan najis dan kotoran.

Sampai Di Sini Anda Paham??? hhe, Kalau paham lanjut…..

Pemeluk Agama Islam menggunakan sajadah saat akan mendirikan ibadah saja. Dan begitu selesai shtlat, mereka akan langsung menggulungp atau melipat kembali dan menyimpannya, hingga dugunakan untuk beribadah lagi. Jika Anda ingin membeli sajadah atau karpet masjid panjang, karpet masjid turki dengan kualitas terbaik, Anda bisa membelinya di toko kami Pusat Karpet Sajadah.

Baca Juga :

Sejaraha Manfaat Sajadah

Sajadah bagi umat Islam pada umumnya merupakan hal wajib yang harus dimiliki setiap orang, karena untuk alas saat melakukan ibadah sholat. Di Indonesia sendiri penggunaan sajadah sudah berlangsung sejak lama dan hampir setiap orang mempunyainya.

Walaupun zaman dahulu umat Islam menggunakan alas shalat bukan dari kain yang menjadi bahan dasar sajadah. Pemeluk Agama Islam hanya menggunakan alas yang terbuat dari daun atau pelepah pucung yang sudah kering.

Mungkin ada beberapa ornag yang beranggapan bahwa menggunakan karpet saat shalat dianggap bukan hal wajib, tidak perlu dan hanya kebiasaan untuk beberapa orang yang memerlukan saja. Padahal menggunakan sajadah sebagai alat shalat sangat dianjurkan karena memiliki beberapa manfaat saat melaksanakan Ibadah Umat Islam

Manfaat Sajadah Atau Karpet Masjid Saat Shalat Lima Waktu :

1. Penghalang Panas

Maksud saya bukan untuk berteduh seperti payung ya… “hhe”

Begini, anda pernah shalat di tempat terbuka kan, misal shalat Idhul Fitri yang dilakukan di tanah lapang atau lapangan luas. Bayangkan saja anda shalat di lapangan posisi panas di pagi hari tidak menggunkan sajadah, nyaman atau tidak?

Nah.. inilah manfaat sajadah saat digunakan diluar tempat ibadah, supaya anda nyaman melakukan proses ibadah. Oleh karena itu sebaiknya anda menggunakan karpet masjid supaya lebih khusyuk ibadahnya.

2.Alas Penghalang Dari Najis

Sebagai alas untuk shalat, sajadah berfungsi untuk menghalangi berbagai jenis najis yang ada di lantai. Bukak berarti di dalam rumah anda selalu bersih, namun juga sering ada najis yang kadang kita tidak tahu letaknya dan tidak terlihat. Najis yang dimaksud seperti kotoran cicak, kencing tikus atau anak kecil yang ngompol.

Manfaat sajadah disini jelas sebagai pembatas supaya anda pada saat shalat tidak menyentuh lantai yang terkena najis tersebut. Jadi Ibadah anda Insyallah lancar dan diterima oleh Allat SWT.

3.Shaf Shalat Tertata Rapi

Pernah tidak anda melakukan shalat tidak menggunakan karpet masjid atau sajadah? Dan apa yang akan terjadi, apakah akan saling pandang – memandang untuk meluruskan shaf shalat??haha.. kalau iya, jangan tersenyum sendiri.

Manfaat sajadah selain digunakan untuk penghalang panas dan najis juga berfungsi sebagai mengatur shaf shalat secara cepat tanpa perlu saling pandang – memandang kanan kriri. Karena dengan adanya sajadah sendiri, sudah pasti lurus dan sudah ada batas – batas dalam bentuk gambar.

Baca Juga : Manfaat Mebersihkan Karpet Masjid dan Harga Karpet Masjid Turki 1 Gulung

Pusat Karpet Sajadah

Sejarah singkat sajadah dan karpet masjid turki di atas hal yang perlu di garis bawahi adalah Umat Islam saat ini menggunakan karpet masjid dan sajadah sebagai kerpluan pokok untuk beribadah dalam Agama Islam.

Pusat Karpet Sajadah menyediakan beerbagai karpet masjid turki untuk kebutuhaan proses ibadah di masjid anda. Pilih sajadah masjid yang berkualitas sesuka anda, kami siap melayani kebutuhan anda demi mewujudkan masjis yang nyaman untuk tempat beribadah.

Baca Juga : Grosir Harga Karpet Masjid Turki dan 4 Cara Memilih Karpet Masjid Yang Keren

Website Kami : Pusat Karpet Sajadah

Chek Instargam Kami : @Aladdin Karpet

Chek Facebook : @Aladdin Karpet Jogja

3 thoughts on “Sejarah Singkat Sajadah dan Karpet Masjid Turki

  1. Pingback: Karpet masjid untuk penghafal Al-qur'an - Agen Karpet Masjid

  2. Pingback: Grosir Karpet Masjid Turki Kualitas Terbaik - Pusat Karpet Sajadah

  3. Pingback: METODE CEPAT MENGHAFAL AL QURAN - Pesan Karpet Masjid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *