Tips Membuat Ruangan Masjid Terlihat Lebar dan Bersih

Tips Membuat Ruangan Masjid – Siapa dari anda yang kebingungan menata barang – barang di masjid agar terlihat lebar dan bersih? Teryata ada beberapa tips yang sebaiknya anda ketahui tentang menata ruangan tempat ibadah yang akan dijelaskan di artikel ini.

Tetapi sebelumnya, trik ini juga bisa digunakan untuk ruangan mushola minimalis. Walaupun memang dari segi ukuran mushola minimalis berbeda dengan masjid agung dan tempat ibadah yang lain. Tetapi tidak ada salahnya jika ruangan mushola minimalis yang tidak begitu lebar dijadikan lebih bersih dan terlihat lebih lebar. Karena kalau di lihat dari fungsi sama saja, yaitu untuk membuat ruangan sejuk untuk beribadah umat Islam.

Langkah awal yang harus anda lakukan sebelum mengetahui atau membaca cara membuat ruangan wangi dan lebar nanti. Coba anda bayangkan dulu, ada berapa perabotan di masjid atau mushola yang akan anda benahi. Karpet masjid warna apa yang kalian inginkan agar cocok dengan susana di ruangan tersebut. Kalau rencana itu sudah ada di fikiran anda, silahkan lanjut ke paragraf berikut ini.

Baca Juga : Cara Menggalang Dana Online Untuk Pembangunan Masjid

Cara Membuat Tempat Ibadah Terlihat Luas

1.Penempatan Properti Yang Tepat

Jika anda sudah membayangkan penempatan properti di ruangan tempat ibadah apa saja yang ada saat ini. Yang perlu anda lakukan adalah pikirkan penempatan properti di ruangan tempat ibadah tersebut agar tidak memakan tempat didalam ruangan tempat ibadah. Penempatan ini akan berpengaruh ketika anda memposisikan suatau barang masjid di posisi yang benar.

Maka ruang ibadah akan terlihat rapi dan nampak lebih lebar ketika dilihat. Lebih baik singkirkan barang yang sekiranya sudah tidak diperlukan atau bisa di simpan di gudang. Atau anda bisa menaruh barang tersebut di luar masjid.

Kalau anda masih bingung cara penempatan properti di ruangan tempat ibadah, simpelnya seperti ini. Barang yang wajib ada di dalam sebuah ruangan masjid seperti mimbar, mic, rak al quran, lemari mukena dan sarung. Sedangkan rak – rak tersebut bisa anda akali dengan menempelkan pada tembok masjid. (Bisa anda Coba)

2. Pemilihan Ukuran Panjang Karpet Masjid Yang Pas

Apa yang terjadi jika anda membeli karpet masjid terlalu panjang atau tidak sesuai dengan ukuran ruangan pada tempat ibadah? Kejadian ini terjadi karena takmir atau orang yang akan membeli karpet tidak mengukur terlebih dahulu berapa ukuran panjang karpet masjid yang akan di butuhkan.

Akibatnya ruangan tempat ibadah akan terlihat tidak rapi dan tidak terlihat luas. Padahal hanya karena ukuran panjang karpet masjid yang tidak sesuai luas ruangan. Ukuran karpet yang terlalu panjang atau tidak sesuai dengan ukuran ruangan dapat membuat ruangan menjadi tidak rapi. Karena karpet di lantai akan timbul lipatan – lipatan yang membuat tidak enak untuk di pandang.

3. Pilih Warna Karpet Masjid Yang Cocok Dengan Cat Tembok

Point ketiga ini memang aneh. Tetapi sadar atau tidak menyingkronkan warna karpet masjid dengan cat tembok itu membuat ruangan sejuk dan terlihat lebih luas . Coba bayangkan, warna tembok ditempat ibadah berwana pink. Lalu karpet yang di pasang pada lantai berwana merah. Menurut penelitian penggunaan warna dua warna cerah dapat membuat orang yang memandang ruangan tersebut menjadi tidak nyaman atau malah terkesan menganggu kenyamanan seseorang.

CONTOH Tips Membuat Ruangan Masjid, pemilihan warna cat tembok tempat ibadah dengan karpet. Yang menjadi patokan disini adalah warna tembok. Ketia tembok berwana biru atau abu – abu, anda bisa mengkombinasikan dengan warna karpet masjid warna biru atau hijau.

Tetapi pada umunya tempat ibadah di Indonesia menggunakan karpet masjid dengan warna hijau. Sebab memiliki kesan yang alami dan dapat menyegarkan mata dan menenangkan fikiran. Warna karpet masjid biru juga memiliki kesan seperti beribadah di langit – langit. Bisa anda coba untuk memiliki permadani turki dengan warna biru.

Baca Juga : Jual Karpet Masjid Hijau di Malang

4. Sesuaikan Warna Karpet Dengan Lantai

Hal ini bertujuan agar karpet yang di pasang warnanya tidak tersamar dengan lantai. Maksudnya ketika lantai masjid berwana hijau, usahakan jangan membeli karpet warna biru atau yang warnanya sama dengan lantai.

Kenapa bisa demikian, karena pada saat warna karpet dan lantai memiliki warna yang sama, justru yang akan terjadi adalah ruangan tempat ibadah akan nampak seperti tidak memakai karpet. Padahal memakai karpet masjid yang TEBAL dan LEMBUT. Tetapi karena warnanya sama dengan lantai akibatnya karpet tidak terlihat dan akan mengurangi kauliatas ruangan masjid untuk terlihat lebih luas dan membuat ruangan tidak sejuk.

5. Pemilihan Motif Karpet Masjid

Motif pada karpet masjid yang ada dibeberapa toko memang memliki motif yang beragam dan modern. Jika motif karpet semakin bagus dan rumit, maka harga yang akan di tawarkan juga akan lebih tinggi.

Tetapi semua tipe permadani turki saat ini memliki motif yang modern dan elegan. Yang nantinya bisa dipadukan dengan kondisi atau suasan ruangan dengan jenis karpet seperti apapun. Ini juga salah satu cara membuat ruangan dingin. karena di dukung dengan motif karpet yang modern.

6. Atur Pencahayaan Pada Ruangan Masjid

Ketika penempatan perabotan, pemilihan motif karpet dan panjang karpet sudah anda lakukan. Langkah selanjutnya adalah atur pencahayaan dalam ruangan tempat ibadah. Tetapi pada umunya pada setiap bangunan masjid, pasti sudah memiliki tempat untuk penerangan cahaya dari luar. Seperti jendela kecil yang terdapat di atas bagunan tempat ibadah atau kaca genteng.

Pencahayaan juga berpengaruh agar ruangan masjid terlihat lebih luas dan membuat ruangan lebih sejuk. Karena ada penerangan sinar matahari yang alami pada waktu siang hari.

Kalau malam hari mungkin masih ada lampu. Tetapi kalau siang dari pada boros listrik karena menyalakan lampu 24 jam, lebih baik memanfaatkan cahaya dari sinar matahari untuk menerangi ruangan masjid agar telihat lebih luas dan membuat ruangan sejuk.

7. Padukan Corak Karpet Dengan Susana Tempat Ibadah

Beberapa masjid besar atau tempat ibadah yang dibangun tengah kota biasanya sebelum membangun sudah menentukan tema atau suasana ruangan masjid. Bangunan seperti apa yang akan dipakai untuk memperindah tempat ibadah, agar nampak istimewa saat digunakan untuk shalat.

Contoh Tips Membuat Ruangan Masjid, ketika susana tempat ibadah menggunakan tema seperti langgit – langit berwana biru, anda bisa menggunakan warna karpet dengan warna biru atau karpet warna hijau. Emang ada karpet warna biru?? Jangan salah Aladdin Karpet Jogja memiliki karpet masjid dengan motif yang modern berwana biru. Yang mempunyai makna seperti suasana langit – langit di bumi ini.

8. Tentukan Tipe Karpet Masjid Yang Mau Di Beli

Menentukan tipe karpet sebenarnya tergantung dengan modal atau uang yang anda miliki. Karena tipe karpet tidak begitu berpengaruh ke ruangan tempat ibadah yang nampak terlihat lebih luas. Tetapi tipe karpet ini lebih berpengaruh di kenyamanan dalam pemakaian saat digunakan untuk shalat berjamaah.

Baca Juga : Wakaf Karpet Masjid Selama Pandemi Covid 19

9. Tentukan Bahan Dasar Karpet Masjid

Tips ini sebagai tambahan saja, agar semakin lengkap dalam hal menata ruangan tempat ibadah. Bahan yang biasanya di pakai pada karpet masjid adalah polypropylene. Bahan ini memiliki tekstur LEMBUT dan TAHAN LAMA ketika digunakan untuk beribadah. Harga yang akan di tawarkan juga murah. Sehingga ketika digunakan seseorang akan menambah kesan nyaman dan ditambah dengan ruangan yang wangi. Karena pewangi sajadah yang harum dan tekstur karpet yang lembut dan tebal.

10. Selalu Bersihkan Ruangan Masjid

Yang terakhir Tips Membuat Ruangan Masjid adalaah menjaga kebersihan masjid. Point ini tentu sangat penting yang wajib anda lakukan. Menjaga kebersihan juga sangat di anjurkan dalam agama islam apalagi di masjid sebagai tempat ibadah. Ketika ruangan terlihat bersih dan aroma ruangan wangi, maka orang yang akan melihat terkesan luas dan bersih.  Sehingga nyaman digunakan untuk shalat 5 waktu. Buatlah jadwal piket rutinan untuk takmir masjid tau remaja masjid agar kebersihan tempat ibadah tetap terjaga.

Baca Juga : Jual Karpet Masjid Area Bekasi Terbaru Di Tahun 2021

Toko ALADDIN KARPET

Toko kami menyediakan berbgai tipe karpet masjid yang lembut, tebal dan awet dalam jangka waktu panjang. Tipe – tipe karpet masjid tersebut juga memiliki waran hijau, merah dan biru. Dengan motif yang modern disetiap tipe. Yang jelas akan sangat cocok apabila di pasang diruangan masjid anda, dan membuat ruangan masjid terlihat lebih luas dan nayaman seperti istana.

karpet masjid murah

Baca Juga : Jual Karpet Masjid Area Bekasi Terbaru Di Tahun 2021

Kesimpulan

Dari sepuluh Tips Membuat Ruangan Masjid diatas, akan lebih enak ketika anda memilih warna atau motif menggunakan feeling. Dan jangan lupa untuk musyawarah dengan aggota takmir masjid anda untuk membuat ruangan masjid terlihat lebih luas dan bersih. Cukup sekian tips dari Aladdin Karpet, bila ada tips menarik lainya bisa share di kolom komentar atau anda bisa konsultasikan dengan tim kami.

Lihat Beberapa Vidio Di Chanel Youtube Aladdin Karpet

3 thoughts on “Tips Membuat Ruangan Masjid Terlihat Lebar dan Bersih

  1. Pingback: Jual Karpet Masjid Murah di Solo Raya - Pusat Karpet Sajadah

  2. Pingback: Cara Mengelola Uang Masjid Yang Tidak Diketahui Banyak Orang

  3. Pingback: Grosir Karpet Masjid Di Sukoharjo - Pusat Karpet Sajadah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *