Wakaf Karpet Masjid Selama Pandemi Covid 19

pemasangan karpet masjid yang di wakafkan

Wakaf Karpet Masjid – Siapa sangka jika karpet masjid juga bisa diwakafkan. Tetapi ini memang benar ada, orang yang mewakafkan karpet masjid ke tempat yang lebih membutuhkan. Apalagi di saat pandem covid 19 ini. Larangan menggunakan karpet masjid saat beribadah membuat takmir masjid dan sebagain orang bingung.

Jadi, karpet masjid otomatis digulung dan disimpan di gudang masjid dalam jangka waktu yang lama. Penyimpanan karpet masjid dalam jangka waktu yang lama akan membuat karpet masjid cacat atau rusak. Hal ini dipengaruhi karena proses menggulung karpet yang kurang pas dan tips menyimpan karpet masjid di gudang.

Sedikit demi sedikit karpet masjid di beberapa daerah sudah mulai di gelar. Ada beberapa yang memilih untuk membeli karpet masjid yang baru. Ada juga yang memilih untuk tetap memakai karpet masjid yang dulu, meskipun keadaan karpet yang sudah baik. Akibatnya banyak masjid yang sedang membutuhkan bantuan untuk membeli karpet masjid yang baru.

Oleh karena itu jika anda mempunyai niat untuk bersedakah atau mewakafkan karpet masjid anda bisa anda hubungi Alddin Karpet. Tapi sebelum itu, lebih baik anda mengetahui beberapa point tentang wakaf agar anda semakin yakin untuk sedekah atau wakaf karpet masjid.

Baca Juga : Cara Membersihkan Karpet Masjid Dari Rambut

Pengertian Wakaf Dalam Bahasa Arab dan UU

Kalimat wakaf berasal dari bahasa arab yaitu waqf” yang artinya menahan atau diam. Kata menahan di sini memiliki makna yaitu untuk di hadiahkan atau di wariskan. Sedangkan menurut isitlah wakaf berarti suatu perbuatan berupa pemberian barang atau harta kepada pemilik ke pada seseorang yang diberikan barang tersebut untuk kemudian diambil manfaatnya untuk kebaikan.

Wakaf juga di atur dalam UU Indonesia, berdasarkan UU no. 41 tahun 2004 wakaf berarti suatu perbuatan hukum oleh pihak yang melakukan untuk menyerahkan sebagian harta benda miliknya untuk dimanfaatkan selamanya untuk keperluan ibadah atau kesejahteraan umum sesuai kententuan agama Islam.

Macam – Macam Wakaf Berdasarkan Jenis Hartanya

Jenis – jenis wakaf terbagi menjadi tiga bagian. Berdasarkan ilmu yang saya peroleh dari bangku kuliah, jenis wakaf tersebut adalah :

  1. Wakaf benda tidak bergerak, contoh dari wakaf ini seperti bagunan, karpet masjid, tanah DLL yang tidak bisa bergerak tetapi mempunyai manfaat yang sangat berararti untuk semua orang yang membutuhkan.
  2. Wakaf benda bergerak, contohnya traktor, alat atau mesin untuk berwirausaha yang sudah tidak lagi dipakai dan alat bergerak lainya yang berupa alat yang dapat di operasikan untuk mengerjakan suata kegiatan.
  3. Wakaf berupa uang, contohnya berupa uang asli yang langsung diberikan kepada yang membutuhkan.

Baca Juga : Harga Karpet Masjid Turki 1 Gulung

Manfaat Wakaf Di Dunia dan Di Akhirat

Manfaat wakaf dapat dirasakan oleh ketiga belah pihak. Yaitu antara pewakaf, pengelola wakaf dan orang yang di beri wakaf. Manfaat tersebut akan dirasakan selama orang tersebut masih hidup dan pahalanya akan tetap mengalir ketika orang yang berwakaf telah meninggal dunia. Sebab barang yang diwakafkan tidak di jual tetapi justru semakin bermanfaat untuk banyak orang dan ini merupakan manfaat wakaf yang bersifat terus meneru atau bermanfaat di akhirat nanti.

Wakaf Pada Zaman Rasulullah

Teryata Wakaf sudah di gemari sejak zaman Rasulullah dan sahabatnya. Tidak heran jika pada saat itu para sahabat Rasulullah saat memiliki harta lebih, pasti mereka mewakafkan harta terebut kepada orang yang lebih membutuhkan. Sebab dia tau bahwa manfaat yang diperoleh dari wakaf ini akan berlaku sampai orang tersebut meninggal.

Begitu pula dengan wakaf karpet masjid. Karpet masjid merupakan barang yang awet dalam jangka waktu panjang. Kalau anda tidak mempunyai karpet yang tidak terpakai, bisa di sedekahkan ke masjid yang lebih membutuhkan karpet masjid, apalagi di masa pandemi ini. Pasti bebrapa masjid akan merasa sangat terbantu ketika mendapatkan karpet masjid tersebut.

Jika anda bingung mencari karpet masjid yang cocok untuk di wakafkan atau di sedekahkan, datanglah ke toko kami AlLADIN KARPET yang menyediakan berbagai macam jenis dan tipe karpet masjid yang sangat cocok untuk di sedakahkan.

Baca Juga : Cara Memakmurkan Masjid Sesuai Sunnah, Di Mulai Dari Hal-Hal Sederhana

Berikut adalah hikmah wakaf versi Toko Aladdin Karpet :

  • Pahala yang di dapat wakaf akan menjadi amalan yang tidak terputus dan akan terus mengalir meskipun pewakaf tersebut sudah meninggal dunia. Amalan yang dapat membuat pewakaf selamat dunia dan akhirat karena kebaikanya untuk sesama umat manusia.
  • Wakaf juga mengajarkan pada umat manusia bahwa semua harta yang di miliki selama di dunia ini bukanlah seutuhnya milik mereka, melainkan semua akan kembali kepada sang pencipta.
  • Memberikan pelajaran bahwa semua harta benda yang anda miliki tidaklah kekal. Maka dari itu berikan sebagain dari harta yang anda miliki untuk orang lain yang lebih membutuhkan. Yakin lah bahwa dengan cara anda suka memberi orang, anda tidak akan miskin. Justru hidup anda akan lebih mendapatkan berkah di dunia ataupun di akhirat.
  • Menumbuhkan rasa Jiwa sosial yang tinggi. Dengan memperbanyak sedekah atau wakaf teryata dapat menumbuhkan rasa jiwa sosial yang tinggi terhadap sesama umat manusia. Karena anda menjadi lebih peduli dengan kondisi masyarakat disekitarnya.

Dengan tumbuhnya rasa sosial yang tinggi, maka seseorang yang sedang membutuhkan batuan atau mengalami kesulitan bisa terabantu.

Tata Cara Berwakaf Yang Sesuai Ajaran Islam

Bagi anda yang sangat ingin berwakaf tetapi masih belum paham dengan tata cara berwakaf, di point ini akan dijelaskan secara singkat caranya , di antaranya sebagai berikut :

  1. Niat yang Ikhlas untuk berwakaf, tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Murni keinginan anda sendiri.
  2. Tentukan harta yang akan diwakafkan,Contoh, jika anda ingin mewakafkan karpet masjid tetapi karpet masjid sudah anda sudah tidak layak pakai, beli saja karpet masjid baru toko karpet masjid untuk kemudian di wakafkan di masjid yang anda ingin bantu. Dalam wakaf tidak ditentukan batas minimal dan maksimal, itinya bebas, mau berapapun itu yang panting  ikhlas dan milik sendiri bukan milik orang lain.
  3. Ijab dan Qabul, artinya di wakaf tersbut ada pertemuan yang langsung antara pihak satu dan pihak dua dan juga wajib menghadirkan seorang saksi.

Contoh Wakaf Yang Menarik

Ada beberapa banyak contoh sebenarnya tentang wakaf dalam ajaran Islam. Tetapi kalau dilihat dari kondisi saat ini, masalah yang sedang banyak dihadapi banyak orang adalah masalah karpet masjid. Yaitu tentang larangan menggunakan karpet masjid untuk beribadah. Akan tetapi seiring berjalanya waktu para takmir masjid mulai bingung dengan kedaan karpetnya apabila terjadi kerusakan, karena terlalu lama di simpan di gudang.

Ada beberapa masjid yang mengalami kerusakan pada karpetnya, sehingga mereka memilih untuk tidak menggelar karpet masjid. Dikarenakan sudah tidak layak pakai. Oleh sebab itu contoh wakaf kali ini soal wakaf karpet masjid.

Jika anda ingin punya karpet masjid yang masih layak pakai tetapi tidak terpakai, wakafkan karpet tersebut untuk masjid yang sedang membutuhkan. Daripada anda tidak menggunakanya, lebih baik di gunakan di masjid lain.

Baca Juga : Tips Memilih Karpet Masjid Yang Kuat Dan Tahan Lama

Pusat Karpet Sajadah

Ingin wakaf karpet masjid tetapi tidak mempunyai karpet masjid ??? Tenang, Solusinya anda bisa sedekah dengan membeli karpet masjid di Aladdin Karpet. Toko ini menyediakan beberapa tipe karpet masjid yang sangat cocok untuk anda ingin bersedekah. Untuk masalah harga, kami pasang tarif ekonomis, karena karpet masjid yang kami jual diambil langsung dari gudang.

Sekian artikel ini, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Pesan yang dapat di ambil dari artikel ini adalah jangan pelit, bersekahlah karena dengan cara sedekah anda dapat membantu seseorang yang sedang mengalami kusulitan dalam hidupnya. Jangan takut menjadi miskin karena terlalu banyak sedekah dan wakaf. Pasti Allah akan membalas semua kebaikan anda di dunia atau di akhirat dengan pahala yang berlipat – lipat (AAMIIN)

5 thoughts on “Wakaf Karpet Masjid Selama Pandemi Covid 19

  1. Pingback: Cara Menggalang Dana Online Untuk Pembangunan Masjid

  2. Pingback: Harga Karpet Masjid Di Gunungkidul - Pusat Karpet Sajadah

  3. Pingback: 9 Fakta Seputar Karpet Turki Kenapa Populer di Indonesia

  4. Pingback: Cara Menyimpan Karpet Masjid Dengan Baik dan Benar

  5. Pingback: 10 Tips Membuat Ruangan Masjid Terlihat Lebar dan Bersih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *